Gaungriau.com (PASIR PENGARAYAN)  -- Bupati Rokan Hulu H.Sukiman bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melepas Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Rokan Hulu untuk penyemprotan Disinfektan pemutus mata rantai Virus Corona, Selasa, pagi 31 Maret 2020 pukul 09.00 WIB.

Penyemprotan disinfektan tersebut di pusatkan dwilayah Ibu Kota Kabupaten Rokan Hulu Pasir Pengaraian, Kecamatan Rambah.
 
Kegiatan Preventif secara masiv dan serentak ini dalam rangka pencegahan dan memutus mata rantai penularan Virus Corona Desease atau Covid-19 yang sudah menjadi perhatian dunia dan di Indonesia hingga sampai kedaerah Kabupaten, Kecamatan dan Desa sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo dan Gubernur Riau dan Bupati Rokan hulu.

Pelaksanaan penyemprotan ini dengan memakai Mobil Water Cannon dan Mobil Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) dan diawali apel bersama di Gapura Perkantoran Pemkab komplek Bina Praja bundaran Ratik Togak.

Di Apel ini, Bupati H.Sukiman bertindak selaku pemimpin upacara, Kasat Sabhara Polres Rohul AKP Kamsir selaku Komandan Upacara

Dalam sambutannya Bupati Rokan Hulu H. Sukiman menyampaikan secara resmi melepas tim Polres dan Satpol PP dan Damkar Rokan Hulu dalam melaksanakan penyemprotan Disinfektan pada kegiatan preventif secara masiv dan serentak dalam rangka pencegahan memutus mata rantai penularan Virus Covid-19,.

Lanjutnya sampai dengan hari ini sesuai laporan Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah yang terus bekerja bersama Tim Gugus Tugas Covid-19, di Kabupaten Rokan Hulu tidak ada yang terinfeksi positif virus yang berbahaya tersebut.

“Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 5 orang sedang dalam perawatan isolasi di Rumah Sakit saat ini dan sedang menunggu hasil 14 hari kedepan, sedangkan Orang Dalam Pengawasan (ODP) mencapai 1.280 orang. Peningkatan ODP ini,disebabkan kerena adanya warga Rokan Hulu yang pulang dari beberapa daerah lain, termasuk dari DKI Jakarta dan Malasyia,” kata Bupati Rokan Hulu.

Bupati Rokan Hulu juga menyampaikan himbauan Pemerintah dan mengajak seluruh elemen masyarakat di Rokan Hulu untuk bersama mengikuti aturan pemerintah untuk pencegahan penularan virus Corona itu dari diri sendiri dan keluarga.

Dikatakannya warga diminta untuk melakukan sosialisasi kepada teman dan masyarakat lainnya. Menjaga kebersihan rumah serta lingkungan masing-masing.

“Mari kita cuci tangan dengan bersih dulu setelah ada yang kita pegang dan pulang dari mana dengan tidak menyentuh apa-apa. Jangan membuat acara yang sifatnya mengundang orang banyak. Jangan datang ketempat-tempat ramai, ” himbaunya.

Bupati juga menghimbau laksanakan Social distancing karena cara itu adalah menjauhi perkumpulan, menghindari pertemuan massal, dan menjaga jarak antar-manusia.

Tampak hadir pada kegiatan penyemprotan disinfektan tersebut, Kajari Rokan Hulu Ivan Damanik SH, MH, Wakapolres Rohul,mpol Willy Kratamanah, Kabag Ops Kompol A. Cholik Husin, Kasat Intelkam AKP Edi Sutomo, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Rokan Hulu Drs H.Ysmar M.Si yang juga juru bicara Covid-19 , Kasatpol PP dan Damkar Ridarmanto.**(Diskominfo)