Gaungriau.com (PASIR PENGARAYAN) -- Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman berharap perjuangan para pahlawan yang berjuang merebut kemerdekaan di masa lalu menjadi cermin bagi generasi muda. Walupun berbeda suku agama dan ras, Ia meminta generasi muda mengisi kemerdekaan dengan pembangunan baik fisik maupun moral.

Penegasan itu disampaikan Bupati Rohul H. Sukiman saat mengikuti Peringatan HUT RI Ke-75 Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 17 Agustus 2020 secara Virtual. Untuk Pemkab Rohul dilaksanakan di Pendopo Rumdis Bupati, Pasir Pengaraian.

Masih dalam sambutan, Bupati H. Sukiman menyampaikan rasa syukur di momen kemerdekaan ini diharapkan dapat memupuk rasa solidaritas dan persatuan demi keutuhan NKRI. Ia meminta generasi muda menghargai jasa para pahlawan dengan ikut berpartisipasi dalam pembangunan.

Mantan Dandim Inhil ini juga menceritakan pengalaman berkesannya ketika ikut memperjuangkan NKRI di Timor Timur pada Tahun 1975.

Dengan penuh bersemangat. Ia menuturkan kisah perjuangannya dengan rinci. Sebgaai seorang TNI yang aktif kala itu dalam memperjuangkan keutuhan NKRI tahun 1975. Ia pernah ditugaskan di berbagai wilayah di Indonesia dan mengemban beberapa jabatan. Salah satu pengalaman yang ia kenang adalah saat berjuang di Timor Timur pada 1975.

"Dulu waktu berjuang mempertahan NKRI di Timor Timur, ada bagian Timur Barat dan Timor Timur bagian penjajahan Portugis, dalam pertempuran tidak sedikit kawan seperjuangan saya yang gugur, ada yang masih lajang, dan sebagainya," ujarnya

"Situasi Politik kala itu di Timor Timur juga semakin panas, ada 5 partai di Timor timur, 3 partai mendukung Indonesia, dan 2 partainya partai Komunis," terang Sukiman

Di tengah berbagai dinamika yang dihadapi, Ia sendiri berharap perjuangan bersama rekan-rekannya dan Para pahlawan pejuang kemerdekaan di masa lalu menjadi cerminan bagi generasi muda. Di masa lalu, para pejuang mengorbankan segalanya untuk berjuang meraih dan mempertahankan kemerdekaan.

"Peristiwa perjuangan itu harus bisa jadi gambaran ke generasi penerus bahwa untuk tegaknya NKRI perlu perjuangan dan pengorbanan. Begitu juga anak muda sekarang, perlu ada perjuangan dan pengorbanan, harus rela berkorban, pantang menyerah, harus bersatu demi Indonesia," pinta Sukiman

Untuk mengisi Kemerdekaan, Generasi Muda dan masyarakat dapat meningkatkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa dan mengedukasikan anak-anak generasi muda cinta tanah air.

"Kemudian lebih meningkatkan daya juang terhadap bangsa dan negara, lebih mempersatukan jiwa dan segenap raga untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa demi Indonesia khususnya Rokan Hulu yang lebih maju.

“Tidak kalah pentingnya dengan peran kita semua, sekarang ini perjuangan belum selesai. Marilah kita tingkatkan terus jiwa dan semangat 45 dengan mewujudkan jiwa pembangunan yang tangguh untuk mengisi kemerdekaan ini dengan usaha dan kerja keras demi terwujudnya cita-cita pendiri bangsa,” harap Sukiman.

Dikatakan Sukiman, walaupun berbeda-beda adat istiadat, agama dan ras tapi tetap bersatu. Tak lupa ia mengajak seluruh masyarakat dari semua kalangan untuk selalu menjaga perdamaian, tidak mudah terprovokasi. Agar tidak memecah belah demi keutuhan NKRI.

Membangun kebersamaan, bersatu, bahu-membahu sesuai fungsi dan tugas masing-masing. Pemerintah tentunya tetap akan bekerja maksimal sesuai amanah yang diberikan.

"Tepatnya 17 Agustus 1945 para pejuang bangsa memproklamirkan Kemerdekaan RI dibawah kepemimpinan Soekarno Hatta, Untuk itu kita sebagai generasi penerus bangsa tidak boleh lupa dengan perjuangan para pendahulu," ujarnya.

"Kedua, kita harus mengisi kemerdekaan dengan pembangunan baik secara fisik maupun moral, fisik itu diisi melalui pembangunan dan moral itu kita harus bersatu, jangan jadikan perbedaan sebagai alasan, Tapi perbedaan itu sebagai alat pemersatu dari sabang sampai merauke, walaupun berbeda suku, agama dan ras, harus ditanamkan kepada generasi kita melalui 4 pilar kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika," kata Sukiman kepada Wartawan usai mengikuti Detik-Detik Proklamasi.

Diakhir kegiatan, sebagai kado Rohul di Hari HUT Kemerdekaan RI ke 75, Bupati H. Sukiman terima sertifikat tanah dari ATR/BPN Rohul seluas 15 Hektar dari Pemprov Riau, untuk pembangunan Sport Center Rohul.**(Galery/MC/Kominfo/nik)