PEKANBARU -- Salam Semangat, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Riau menyelenggarakan Lomba Video Pendek dengan Tema “Kita Boleh Beda”. Lomba ini dilangsungkan, Selasa 17 Mei 2016  di Alpha Hotel Jalan  Imam Munandar,  Pekanbaru, Riau.

Lomba film pendek kami boleh beda ini  akan di ikuti   9 video pendek Pelajar SMA, SMK, MA dan Sederajat yang berasal dari beberapa sekolah di  kota Pekanbaru Riau. Karya siswa siswi akan dinilai oleh dewan juri. Dewan juri  adalah  Tjandra Wibowo (Samuan Film), Aziz Fikri Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Provinsi Riau dan Parlindungan (Sineas Lokal) Kota Pekanbaru. Penjurian video pendek akan  di mulai pukul 10.00 WIB sampai selesai di Alpha Hotel.

Eddie Yusti MH, Kooordiantor Pemuda Perempuan Provinsi Riau yang merupakan Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga  Provinsi  Riau  mengatakan; bahwa kegiatan ini bertujuan menggali pemikiran remaja Riau tentang makna perbedaan dan budaya toleransi sebagai bangsa yang majemuk.

Menurut Eddie, kekuatan video pendek ini adalah suatu cara kami dari BNPT – FKPT berkomunikasi dengan komunitas muda untuk menciptakan ragam kekuatan untuk Riau yang lebih baik dikemudian hari. Dengan video ini Pelajar menolak radikalisme yang memicu gerakan terorisme.

Tjandra Wibowo mengatakan bahwa kami sudah roadshow 4 Provinsi, semoga dengan adanya lomba video pendek, pelajar Riau ini dapat menjadi virus mempengaruhi pemuda yang lain untuk menciptakan rasa kebangsaan, toleransi dan menghargai keberagaman.

Tjandra yang merupakan salah satu juri FFI dan Eagle Award ini menambahkan semakin banyak provinsi yang mengikuti lomba video ini maka semakin baik bagi kami insan perfilman untuk melihat karya-karya anak muda dengan materi-materi yang lebih segar, semoga kegiatan ini terus berlanjut ke tahun-tahun yang akan datang.

Lomba ini digelar untuk mendapatkan 3 besar di Riau atau tingkat provinsi untuk di adu kembali  dengan 32 provinsi lain menjadi 96 video dan akan diseleksi menjadi 10 nominasi  dan 10 nominasi ini akan diberangkatkan ke Jakarta untuk mengikuti training film pendek dan malam Grand Final  akan dilaksanakan pada tanggal 24,25,26 November 2016.**(rls/nik)