PASIR PENGARAYAN -- Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau, Emrizal Pakir, melantik Pengurus  KONI Rohul priode 2016-2020, yang dinakhodai Abdul Halim, Kamis 8 September 2016 siang.

Dalam pelantikan itu, sebagai Ketua Umum KONI Rohul 2016-2020 Abdul Halim, Ketua Harian Fajar, Wakil Ketua Dedi Pontri, Sekretaris Harian Syukri Yadi, Bendahara Harian Martinus, serta pengurus lainnya dilantik di halaman Kantor KNPI Rohul di purna MTQ Riau, Dataran Tinggi Pematang Baih, Desa Pematang Berangan Kecamatan Rambah.

Pelantikan pengurus KONI Rohul, dihadiri Plt Bupati Rohul H. Sukiman, sejumlah Pengurus KONI Riau, Ketua DPD KNPI Rohul Zulfahrianto, serta para undangan lainnya, baik dari perusahaan, per bankan juga Forkompinda Rohul.

Ketua Umum KONI Rohul Abdul Halim usai dilantik mengatakan, awal terpilihnya dirinya, atlet PBSI juara umum di tingkat Provinsi Riau, serta PS Rohul meraih juara dua di Piala Suratin 2016. Untuk di PON Jawa Barat, lima atlet Rohul akan wakili Riau, 3 atlet takraw, 1 atlet atletik jalan cepat, serta 1 atlet terbang layang.

Plt Bupati Rohul H Sukiman, memberikan fasilitas untuk KONI Rohul sehingga seluruh cabang olahraga di bawah naungannya kian maju, terutama hadapi Pekan Olahraga Provinsi Riau (Poprv) Riau di Kabupaten Kampar.

Jelas Abdul Halim lagi, KONI Rohul juga akan berjuang serta ulang sukses seperti di even Porprov Riau tahun 2004 silam. Dimana, saat itu, kontingen Rohul masuk delapan besar.

Ketua KONI Riau Emrizal Pakis dalam sambutannya, dirinya berharap atlet berprestasi di tingkat kabupaten dan provinsi diberi kekuatan pembinaan serta pembinaan prestasi, terutama atlet Rohul.

Di 17 September 2016 mendatang, menurut Emrizal, lebih dari 300 atlet dari 35 cabang olahraga lima atlet Rohul masuk skuad Riau,nantinya dikirim ke Bandung ikuti PON 2016 Jawa Barat.

Emrizal mengakui, kelima atlet Rohul yang jadi skuad Riau juga berpotensi menyumbang medali untuk Riau, seperti Lilik Anjarwati atlet terbang layang, nantinya akan berikan kontribusi medali bagi kontingen Riau. Apalagi di PON Riau 2012 dirinya raih medali emas dan perak.

Kemudian atlet Takraw Rohul, Darmawan juga akan bergabung dengan atlet Riau. Emrizal yakin, Darmawan bersama atlet takraw Provinsi Riau akan menyumbang medali di PON Jabar.

Emrizal berharap, terkait rekrumen atlet sebaiknya dilakukan dari bawah, yakni dari desa dan kecamatan, sehingga benar-benar lahir atlet berprestasi. Juga berharap ke Plt Bupati Rohul Sukiman, agar ikut berikan pembinaan kepada atlet Rohul, karena mereka juga akan jadi aset bagi Provinsi Riau.

Sedangkan Plt Bupati Rohul Sukiman berharap, setelah dilantik maka akan tumbuh semangat baru bagi pengurus KONI Rohul masa bhakti 2016-2020. KONI Rohul juga diminta, mencari bibit atlet handal mulai dari desa dan kecamatan. Menurutnya, karena kurangnya pembinaan, ada atlet Rohul yang dipakai oleh daerah lain karena kurang diperhatikan.

Terkait pembinaan atlet, Sukiman mengatakan, bila hanya Pemkab Rohul saja tidak cukup, sehingga dirinya mengajak seluruh perusahaan di Rohul ikut serta dalam pembinaan atlet. Ribuan Pegawai dan Atlet Ramaikan Gerak Jalan Sehat KONI Rohul.