GAS -- Sejumlah warga Jalan Telaga Musim RT 6 RW 3, Parit 8, Kelurahan Teluk Pinang, Kecamatan Gaung Anak Serka, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) membuat Bubur Asyura secara bersama-sama, di salah satu rumah tokoh masyarakat setempat, Selasa 11 Oktober 2016.

Tradisi yang dilaksanakan setiap tahun dan terus dijaga kelestariannya secara turun temurun ini, dalam rangka mengenang perjuangan Rasulullah SAW saat kesulitan bahan makanan di medan perang.

Ketua RT 6 RW 3 Kelurahan Teluk Pinang, Ali Ramli mengtakan setiap tahunnya pada awal Bulan Muharam, ia bersama warga sekitar selalu membuat Bubur Asyura. Dimana, warga secara bergotong royong menyediakan bahan-bahan untuk pembuatan bubur tersebut, dan kemudian memasaknya.

"Ini sudah kebiasaan kita dari dulu, membuat Bubur Asyura dari bahan-bahan yang telah disiapkan warga, seperti beras, sayuran dan buah-buahan, serta ditambah bahan lainnya," kata Ali.

Setelah bubur tersebut masak, lanjut Ali, lalu dibagi-bagikan dan dimakan pula secara bersama-sama, dengan terlebih dahulu dibacakan do’a selamat.

"Ini juga sebagai upaya mempererat silaturrahmi dan kebersamaan antar warga kita," tambah Ali dan diamini warga yang hadir saat itu.**(suf)