• H Arsyadjuliandi Rachman

KAMPAR - Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman, memberikan ucapan selamat atas pengukuhan dua datuk di Desa Pasar Kampar, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar, Kamis 25 Mei 2017.

Gelar datuok tersebut resmi diberikan oleh Lembaga Adat Kenegerian Kampa kepada putra terbaik mereka, masing-masing kepada, DR.H.Nurhamin Mahar, S.Pt.MH yang juga ketua KPU Riau dengan gelar Datuok Amanah Kampa.

lselain itu gelar datuk diberikan juga kepada Mayor Inf. Aidil Amin, S.I.P, M.I.Pol, yang menjabat sebagai Dan Yon 132 Salo, diberi gelar Datuok Palo Panglimo Kampa.

Gelar ini, kata salah seorang pemangku adat atau perangkat adat, Siompu Rina Adianti Hasan, sifatnya tidak melekat pada keturunan mereka yang menerima gelar.

Rina menjelaskan, gelar ini diberikan karena ketokohan, godang, bosau, dan bertuahnya mereka yang mendapat gelar adat. Dan mereka yang mendapat gelar adat ini adalah anak watan atau masyarakat setempat.

"Gelar adat ini karena bersangkutan membawa nama baik kampungnya. Keduanya cukup luar biasa ketokohannya," ucap Rina.

Usai pemberian gelar kepada dua datuk ini, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengucapkan selamat kepada dua tokoh yang mendapat gelar tersebut.

"Semoga amanah adat ini menjadi motivasi bagi anak kemenakan kita yang ada di Desa Sungai Tarap, Kecamatan Kampa khususnya serta berbuat yang terbaik untuk kampung halaman dan Provinsi Riau umumnya," kata Andi sapaan akrabnya.

Ditambahkan pihaknya sangat mengapresiasi kepada masyarakat di Desa Sungai Tarap ini yang mana, telah menunjukkan potensinya sebagai masyarakat melayu Riau.

"Ini hal yang unik yang harus dilestarikan sebagai tujuan wiata, sesuai dengan visi Riau 2020, Riau The Homeland of Melayu" ucapnya.

"jadi kedepan kita berharap, ninik mamak serta datuk disini dapat duduk bersama, untuk menggali sejarah tentang kerajaan kampa, serta menyusun pengurus-pengurusnya untuk dinobatkan" tutupnya.**(yai)