PEKANBARU -- Sebanyak 2020 penari Zapin, bakal meramaikan Festival Budaya Melayu, yang akan diselenggarakan 25-30 November di Provinsi Riau.

Puluhan ribu penari ini sebagai buki bahwa Riau akan menjadi pusat kebudayaan Melayu Asia Tenggara, sesuai dengan visi Riau 2020.

Kepala Dinas Kebudayaan Yoserizal Zein, mengatakan, persiapan Festival Budaya Melayu sudah mencapai 80 persen sebelum pelaksanaan. Termasuk kesiapan tari Zapin yang melibatkan 2020 penari, yang akan menari di halaman Gedung Daerah, Gubernuran Riau, mulai dari anak-anak sampai orang tua.

"Sesuai dengan visi Riau 2020, menjadikan Riau pusat kebudayaan Melayu Asia Tenggara. Sekarang semua sudah bergerak menyiapkan berbagai kegiatan pada festival Budaya Melayu ini," kata Yose, seperti dilansir riauaktual.com, Ahad 19 November 2017.

Dijelaskan Yose, Festival Budaya Melayu ini akan dihadiri 5 negara serumpun yang ikut berpartisipasi. Diantaranya, Negeri Jiran Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, dan Singapuran dua delegasi yang hadir.

"Ke lima negara ini Insya Allah akan hadir, dan mereka siap berpartisipasi. Selain lima negara serumpun juga hadir lima Provinsi diantaranya, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, DKI, Sumatra Utara dan Kepulauan Riau," pungkasnya.**(dwi)