• Aherson

PEKANBARU -- Gaungriau.com -- Legislator DPRD Provinsi Riau mengingatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau untuk melakukan antisipasi meluas terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau.

Pasalnya, sejumlah titik api sudah mulai bermunculan sejumlah pada beberapa daerah di Provinsi Riau. Bahkan, berdasarkan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Satelit Terra dan Aqua mendeteksi 7 titik panas yang mengindikasikan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi wilayah Riau yang terpantau di Pelalawan di Kepuluan Meranti, Indragiri Hilir,dan Bengkalis.

"BPBD harus serius dan pro aktif mengantisipasi persoalan karhutla ini supaya tidak terjadi dan meluas, apalagi sekarang sudah memasuki musim panas," ungkap Ketua Komisi V DPRD Riau Aherson kepada wartawan kemarin.

Menurut Politisi Demokrat ini langkah antisipatif dan siaga untuk mengantisipasi terjadinya karhutla harus dilakukan BPBD Riau. Apalagi, anggaran miliaran rupiah sudah dialokasikan dalam apbd Riau tahun ini untuk mencegah terjadinya karhutla di Riau.

"BPBD harus aktif antisipasi terjadinya karhutla. Jangan sampai terjadi karhutla menyebabkan bencana kabut asap seperti beberapa tahun lalu," ujar Aherson.**(rud)