PEKANBARU -- Gaungriau.com -- Rabu 21 Februari 2018, Pelaksana tugas (Plt) Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, meninjau sejumlah titik rawan banjir di wilayah Kelurahan Tuah Madani, Kecamatan Tampan.

Peninjauan awal dilakukan di Perumahan Asta Regency, RW 6, Kelurahan Tuah Madani. Selanjutnya dilakukan peninjauan perumahan Panam Regency, RW 05, Kelurahan Tuah Madani. Di lokasi ini juga kerap direndam banjir ketika hujan turun. Hal ini disebabkan drainase di kawasan tersebut tidak berfungsi maksimal.

"Kalau hujan, selalu banjir. Sekarang baru surut banjirnya, semalam masih tergenang. Ketinggian air hampir selutut orang dewasa," ungkap Alimnar, warga setempat.

Menanggapi keluhan masyarakat, Plt Walikota Ayat Cahyadi mengaku sudah memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk melakukan pengerukan drainase di lokasi rawan banjir tersebut.

"PU sudah saya perintahkan survei sekaligus mencarikan solusi. Tindak lanjutnya apakah dengan menurunkan personel atau alat berat, itu yang harus disurvei dulu," ujarnya.

Menurut Ayat, dari laporan warga tadi. Diketahui, jika banjir yang kerap terjadi di perumahan Panam Regency ini diduga akibat pembangunan Box Culvert atau gorong-gorong cor yang tidak berfungsi untuk mengalirkan air oleh Pemerintah Kabupaten Kampar di perbatasan Kecamatan Tampan dan Kecamatan Tambang.

"Dalam tinjauan tadi, memang kita lihat ada pembangunan box culvert di tengah-tengah parit yang belum tuntas. Akibatnya, drainase tertutup dan dipenuhi sampah. Untuk itu, Camat Tampan sudah saya perintahkan agar berkoordinasi dengan Camat Tambang selaku punya wilayah untuk menyelesaikannya. Mudah-mudahan segera ada solusi, sehingga banjir tidak lagi merendam pemukiman warga saat hujan turun," ujar Ayat.

Turut hadir dalam peninjauan titik banjir, Plt Kepala Dinas PU Pekanbaru, Plt Kepala Bappeda, Kabag Humas dan Protokoler Setdako Pekanbaru, Camat Tampan dan sejumlah lurah.**(saf)