PEKANBARU -- Gaungriau.com -- Dalam rangka penjajakan kerjasama dengan berbagai instansi di Pemerintahan Kota Pekanbaru, Kamis 8 Maret 2018, Forum Koordinasi Taruna Siaga Bencana (FK Tagana) Kota Pekanbaru, melakukan kunjungan silahturahmi ke Dinas Pariwisata Kota Pekanbaru.

Kedatangan Pengurus FK Tagana Kota Pekanbaru diSambut langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Pekanbaru Ardiansyah Eka Putra didampingi tiga orang stafnya. Bak gayung bersambut kunjungan silahturanmi tersebut berlangsung akrab dan bersahaja.

Dalam kunjungan silahturamhi tersebut Ketua FK Tagana Kota Almudassir didampinya Wakil Ketua Afriyun dan Sekjen Azwar menyampaikan maksud kedatangannya yang ingin melakukan kerjasama dengan Dinas Pariwisata Pekanbaru, terutama dalam pada berbagai event-event wisata yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Pekanbaru.

Dikatakan, sebagai Taruna Siaga, anggota tagana kota Pekanbaru sudah memiliki tim dan dibekali dengan berbagai keahlian dibidang kebencanaan, diantaranya Tim Reaksi Capat (TRC), Rescue, Manajemen selter, satgas logistik dan lain sebagainya.

''Kita dari Tagana punya semua itu, Tim kita sudah terlatih dan siap turun saat pra bencana, tanggap darurat dan pasca bencana. Jadi sayang kalau tidak dimanfaatkan dan diasah terus. Apalagi Dinas Pariwisata memiliki kegiatan yang memiliki risiko yang juga cukup tinggi, terutama kegiatan yang dilaksanakan di Air,'' ujar Almudssir.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Kota pekanbaru Ardiansyah Eka Putra menyebutkan pihak menyambut kedatangan pengurus FK Tagana Kota Pekanbaru dan ini merupakan salah satu langkah untuk melakukan koordinasi kerjasama baik dalam kegiatan dinas maupun non kegiatan.

Menurut Ardiansyah, tahun 2018 akan mengangkat pariwisata Sungai Siak, dan akan dilaksanakan event wisata Susur Siak Tanggal 5 Mai Mendatang yang akan diikuti oleh sebanyak 350 peserta dari berbagai daerah, Kemudian seperti biasa acara Petang Megang Balimau Kasai sehari sebelum Bulan Puasa, Kemudian Festival Sungai Siak tanggal 8-10 November 2018 dengan berbagai acara seperti Karnaval Perahu, Bazar dan berbagai kegaiatan lainnya.

''Kita sengaja mengangkat wisata Sungai, Kita inginkan Sungai Siak menjadi daerah kunjungan wisata. Tahun ini kegiatan di Sungai Siak cukup banyak dan kita juga butuh tim untuk penangulangan bencana pada acara tersebut. Untuk secara tehnisnya tingal lakukan koordinasi dengan penanggungjawab kegiatan,'' katanya.**(az)