PEKANBARU -- Gaungriau.com -- Kamis 8 Maret 2018, Pemerintah Kota(Pemko) Pekanbaru resmi menutup tahap penawaran lelang bagi peserta yang berminat mengikuti lelang swastanisasi sampah tahun 2018 untuk zona I.

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdako Pekanbaru, Mus Alimin, mengatakan, bahwa sesuai batas waktu yang sudah ditentukan dan berdasarkan ketentuan serta peraturan perundang- undangan. Dimana, untuk progres lelang swastanisasi sampah sendiri dalam tahap memasukkan penawaran sudah dilakukan sejak Senin 26 Februari 2018.

"Hari uni pembukaan penawaran pukul 16.00 WIB. Baru tahu siapa- siapa yang sudah melakukan penawaran lelang disitu, kalau sekarang website LPSE itu memang tidak bisa dibuka karena itu sistem. Jadi tidak ada siapapun yang bisa membuka, baik Pokja maupun rekanan untuk melihat siapa nama- nama yang mengajukan penawaran," jelas Mus Alimin.

Tujuan yang dibuat Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) tersebut agar tidak ada satupun peserta yang menawar berikut harganya. Karena logikanya kalau bisa dibuka pasti kelihatan penawarannya misalnya siapa pesertabyang tertinggi menawar dan terendah.

"Jadi setelah semua peserta memasukkan penawaran lelangnya sesuai jadwal yang sudah ditentukan berdasarkan ketentuan dan peratutan perUndang- undangan, baru dibuka untuk jadwal penawarannya oleh Pokja, baru nanti bisa dilihat siapa - siapa peserta yang sudah menawarblelang itu. Itulah makanya hari ini batas waktu tetakhir bagi pesertanyang akan memasukkan penawaran," jelas dia.

Berdasarkan laman website http:/lpse.pekanbaru.go.id. sudah ada 18 peserta lelang meski tidak tertulis nama perusahaannya. Hanya tertera lelang dengan kode 3048019, nama lelang belanja jasa angkutan persampahan zona I, anggaran tahun 2018, Satuan Kerja Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, dengan nilai pagu paket 88.793.555.692,00. Lokasi pekerjaan Kecamatan Tampan, Payung Sekaki, Marpoyan Damai, dan Pekanbaru Kota.**(saf)