• Edwar Sanger

PEKANBARU -- Gaungriau.com -- Dua helikopter jenis Kamov dan Sikorsky sedang dalam perjalanan diangkut menggunakan kapal menuju Indonesia.

Jika tidak ada aral melintang, lima hari lagi sudah tiba ke Riau yang diperuntukan untuk waterboombing penanggulangan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut).

"Sedang perjalanan, diangkut pakai kapal. Kita sudah kontak BNPB, dijawalkan tanggal 20 Maret ini tiba ke Riau," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, Kamis 15 Maret 2018.

Dijelaskan Sanger, dua helikopter jenis tersebut, yakni Kamov didatangkan dari Rusia. Sementara untuk Sikorsky didatangkan dari Australia.

"Saya tidak tahu persisnya dimana posisi kapal yang sedang membawa heli itu. Tapi biasanya transit dulu ke Singapura untuk Kamov, dirakit lalu diterbangkan," jelas Sanger.

Upaya mendatangkan dua helikopter jenis Kamov dan Sikosky tersebut, merupakan bagian dari pencegahan dan penanggulangan Karlahut. Riau sendiri sudah menetapkan status siaga darurat sejak 19 Februari hingga 31 Mei mendatang.

"Inilah bagian upaya Pemerintah Provinsi melakukan pencegahan dan penanggulangan. Kita tetap berkonsentrasi bagaimana Karlahut di Riau ini tidak terjadi termasuk menetapkan status siaga lebih awal. Kemudian semua pihak baik TNI/Polri, BPBD dan lembaga lainnya telah berkomitmen bersama mengatasinya," tegas Sanger.**(jai)