SIAK -- Gaungriau.com -- Plt. Bupati Siak H Alfefri melepas puluhan ekor ikan di Taman Kolam Pemancingan Eber Ezer milik Serasi Ginting yang terletak di KM 17 Perawang, Tualang Barat, Ahad 18 Maret 2018. Pelepasan ikan ke kolam yang dilakukan oleh Alfedri itu sekaligus menandai dimulainya lomba memancing ikan.

Alfedri saat ditemui di lokasi pemancingan mengatakan, kehadirannya di lokasi pemancingan tersebut karena diundang oleh pemilik kolam pancing Eber Ezer Sarasi Ginting. Ginting merupakan teman lamanya saat dirinya menjabat sebagai camat tualang dulu.

"Saya datang ke sini memenuhi undangan saudara ginting, juga memberikan apresiasi serta dukungan kepada pengelola dan panitia yang menggelar lomba memancing. Warga datang kesini dengan membayar uang pendaftaran Rp200 ribu kemudian dapat ikan dibawa pulang dan mendapatkan hadiah Rp5,2 juta," terang Alfedri.

Alfedri menambahkan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat karena dapat menyalurkan bakat yang hobi memancing. Dia juga berterima kasih kepada Ginting selaku pemilik kolam dan panitia.

"Harapan kita kedepannya kegiatan yang baik ini di pertahankan. Tapi fasilitas penunjang yang ada saat ini seperti WC umum, halaman parkir dan halte tempat berteduh, harus diperbaiki lebih baik lagi.

Dikatakan Alfedri, saat ini kalau mau memancing di laut cukup jauh, memancing di sungai siak ikan tidak ada, Kolam pancing inilah satu-satunya sebagai pelepas tagih bagi warga yang hobi memancing.

"Kita di siak ini kalau mau cepat dapat ikan mencingnya di kolam. Mengharap mancing di laut cukup jauh, memancing di sungai siak kita membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan ikan, kemana lagi memancing kalau tidak di kolam pancing ikan," ujarnya.

Sementara itu, pemilik taman kolam pancing Eber Ezer Sarasi Ginting mengatakan, tujuan menyelengarakan Even mancing adalah untuk menyalurkan bakat warga Tualang yang hobi mancing. Kemudian sebagai hiburan bagi warga sekitar, dengan mancing dapat ikan dibawa pulang dan juga dapat hadiah.

"Mancing mania ini diselengarakan untuk menyalurkan hobi warga yang doyan mancing. Selain itu kegiatan ini juga sebagai ajang hiburan bagi warga. Kalau mancing di taman Eber Ezer selain ikannya bisa dibawa pulang, dapat uang lagi. Kegiatan ini kita adakan setiap dua bulan sekali," terang Ginting.

Ia menambahkan, Sejak pendaftaran lomba pancing di buka pada pukul 13.00-16.00 Wib petang, peserta pancing mania berjumlah 136 orang. Bagi peserta yang mendapatkan ikan yang paling berat, dia lah yang berhak menjadi pemenang lomba. Dan panitia menyediakan hadiah Rp5,2 juta rupiah.

"Saya menyampaikan terimakasihnya kepada bapak Alfedri, karena disaat aktifitas yang cukup sibuk, beliau masih menyempatkan waktu untuk datang memenuhi undangan kami. Kami mohon dukungan dan suport dari pemkab siak agar warga yang memiliki kolam pancing diberikan bantuan dan pembinaan dari dinas pertanian dan perikanan Siak," pungkas Ginting.**(jas/rls)