• Edwar Sanger

PEKANBARU -- Gaungriau.com -- Satu helikopter jenis Bell 430 sudah tiba di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Heli ini nantinya akan diperuntukan untuk kegiatan patroli, memantau titik-titik Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) di Riau.

"Heli Bell 430 sudah tiba satu sore kemarin pukul 17.00 WIB. Sekarang ini masih pengurusan security clearance, agar bisa dioperasikan untuk pemantauan Karlahut di Riau," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger, Selasa 20 Maret 2018.

Menurut Edwar, selain heli Bell 430. Dua heli lainnya yang diperuntukan untuk kegiatan waterboombing juga segera akan datang di Pekanbaru. Yakni, jenis Kamov dan Sikorsky.

"Insya Allah dalam waktu dekat. Karenakan dari laporan kemarin masih dalam perjalanan," jelas Sanger.

Jika tiga helikopter dengan jenis berbeda itu sudah tiba, maka usaha Pemerintah Provinsi Riau, khususnya melalui udara dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan terjadinya Karlahut di Riau akan semakin maksimal.

Sementara bagian darat, usaha pencegahan dan penanggulangannya juga terus dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran dari BPBD, Manggala Agni, termasuk dari TNI dan Polri.**(jai)