PEKANBARU -- Gaungriau.com -- Sebagai antisipasi kondisi cuaca di Kota Pekanbaru yang tidak menentu. Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mengimbau masyarakat Kota Pekanbaru selalu menerapkan Perilaku Hidup Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari.

"Cuaca di Pekanbaru saat ini memang tidak menentu. Dimana pada siang hari panas, sedangkan sore dan malam hari hujan. Kondisi seperti ini sangat rentan terhadap berkembangnya bibit penyakit yang menular seperti DBD, muntaber dan sebagainya,"ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy, Kamis 22 Maret 2018 ketika dihubungi melalui telepon seluler.

Menurut Zaini, penerapan prilaku hidup sehat ini perlu dilakukan agar daya tahan tubuh seseorang akan terjaga. Sehingga dapat menolak setiap bibit penyakit yang datang, terutama saat cuaca tidak menentu seperti ini.

"PHBS adalah tindakan pencegahan yang paling jitu untuk melawan bibit penyakit. Seperti membiasakan diri untuk mencuci tangan, kaki dan makan-makanan yang bergizi serta perbanyak minum air putih," ujarnya.

Zaini juga mengimbau kepada setiap orang tua agar meningkatkan kewaspadaannya terhadap anak-anak. Pasalnya anak-anak sangat rentan tertular bibit penyakit.

"Orang tua juga diminta waspada terhadap anak-anak yang rentan terhadap penyakit menular. Jika anak usia sekolah, sebaiknya dibuatkan bakal serta berikan nasehat kepada anak untuk tidak jajan sembarang," ungkapnya.

Disamping memperkuat daya tahan tubuh, Zaini juga mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan rumahnya.

"Disamping berprilaku hidup sehat, masyarakat juga harus menjaga kebersihan. Dengan begitu, penyebaran nyamuk dan menyakit menular lainnya bisa diantisipasi,” tutupnya.**(saf)