KERITANG -- Gaungriau.com -- Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 Komando Distrik Militer (Kodim) 0314/Inhil Tahun 2018 di Kecamatan Keritang terus berlangsung dan menyentuh berbagai lini infrastruktur kehidupan masyarakat.

Seakan tidak pernah lelah, para personil TNI dibantu pihak Kepolisian dan Masyarakat setempat bahu membahu membangun infrastruktur yang menyentuh masyarakat setiap harinya dari awal pembukaan program TMMD ke 101 Kodim/0314 Inhil.

Tanpa terasa panas, para prajurit tampak menyelesaikan sasaran pembuatan tempat wudhu dan MCK Masjid Baiturrahman, Desa Pasar Kembang, Kecamatan Keritang, Inhil, Jumat 6 April 2018.

Hamdani, seorang masyarakat Desa Pasar Kembang mengaku rasa nasionalismenya semakin timbul bila melihat TNI dan rakyat bersatu bahu membahu, meskipun tidak dalam peperangan seperti dulu kala.

“Ini sangat menggetarkan hati, bersama TNI rakyat kuat. Inilah yang kami harapkan. Tidak hanya menjaga rakyat dan negara, tapi (TNI) ikut membangun bersama rakyat,” tutur pria yang akrab disapa Dani.

Melalui program TMMD ini, Dani selaku masyarakat merasa sangat aman, nyaman dan terayomi dengan keberadaan TNI di tengah – tengah masyarakat.

“Semoga ada kegiatan positif lainnya dari TNI kedepannya, begitu juga instansi lain, karena ini yang dibutuhkan masyarakat, aksi langsung tanpa ini itu,” harapnya.

Sementara itu Danramil 07/Reteh Kapten Arh Syahrul Effendi yang terus memantau pekerjaan TMMD di lapangan, berharap dengan adanya rasa kebersamaan dalam kegiatan ini bisa meningkatkan rasa saling bahu membahu antar sesama aparat negara.

“Keberadaan TNI dan Polri merupakan salah satu aparat yang harus terus memastikan kondisi masyarakat tetap merasa aman dan nyaman.

Selain itu, dengan hal ini upaya guna menjaga kesatuan keutuhan bangsa juga dapat ditingkatkan lagi. Semoga apa yang dicita-citakan dari program ini dapat tercapai dengan baik," harapnya.

Selain pembuatan tempat wudhu dan MCK Masjid Baiturrahman, Desa Pasar Kembang, Kecamatan Keritang, pekerjaan imfrastruktur yang telah dikerjakan melalui program TMMD antara lain, menaklukkan alam dalam pengerjaan sasaran jembatan beton, kerjasama dan bahu membahu dalam sasaran penimbunan jalan 5x3000 meter, sasaran semenisasi jalan 2x465 meter serta kerjasama dan bahu membahu dalam sasaran penimbunan jalan 5x3000 meter dan semenisasi jalan 2x465 meter.**(suf)