• Ayat Cahyadi

PEKANBARU -- Gaungriau.com -- Pemerintah Kota Pekanbaru kembali mendapatkan penghargaan sebagai pembina terbaik K3. Penghargaan itu langsung diterima oleh Plt Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, S.Si.

Dalam sambutannya, Ayat mengucapkan terima kasih kepada semua pihak perusahaan yang ada di Kota Pekanbaru, karena telah tertib dan selalu memperhatikan tentang kesehatan, keselamatan, kerja (K3).

“Karena dengan memperhatikan K3 , maka akan terhindar dari apa saja kecelakaan kerja. Oleh sebab itu, kita minta juga pihak perusahaan agar meningkatkan dan memperhatikan K3, sehingga para karyawan yang bekerja bisa selamat saat bekerja,' ujar Ayat usai menerima penghargaan, Jumat 6 April 2018 malam di Hotel Premiere, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

Ayat juga berharap kepada perusahaan-perusahaan yang ada baik, di Kota Pekanbaru atau di Kabupaten lainnya supaya menerapkan K3 ini dan dijadikan hal tersebut sebagai budaya dan sikap dalam bekerja.

"Jadikanlah K3 ini sebagai kebutuhan dan diprioritaskan bagi seluruh perusahaan yang ada. Dengan memperhatikan K3, maka akan meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja," ungkapnya.

Ditambahkan Ayat, selain itu ia juga meminta kepada pihak perusahaan agar memperhatikan Standar Operasional Prosedur (SOP). Sebab dengan bekerja sesuai SOP, tentu bisa meningkatkan produktiftas kerja bagi para karyawan.

"Oleh sebab itu, marilah bersama-sama untuk terus saling memperhatikan K3. Dengan begitu, maka zero insiden (nihil kecelakaan) bisa diciptakan oleh perusahaan," ajak Ayat.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau, Rasyidin Siregar, SH menjelaskan, bahwa kegiatan yang dilakukan ini bersempena anugerah bulan K3 Nasional tahun 2018.

"Kita juga berikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang telah memperhatikan K3. Selain itu, juga ada penghargaan bagi pembina yang selalu bersinergi dan bekerjasama dalam menciptakan budaya K3,' ujar Rasyidin dihadapan puluhan perusahaan baik itu Kabupaten/Kota yang ada di Riau.

Rasyidin menambahkan, dalam kesempatan ini ia juga mengharapkan kepada semua pihak perusahaan, menjadikan K3 ini sebagai budaya di dunia tenaga kerja.

"K3 ini sangat penting. Oleh sebab itu, harus menjadi kebutuhan dan harus diprioritaskan. Dengan begitu, zero insiden yang diharapkan bisa tercapai dengan baik," harap Rasyidin.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru, Ir. Johnny Sarikoen, MT juga berharap agar pihak-pihak perusahaan yang ada di Kota Pekanbaru ini hendaknya lebih peka dan selalu memperhatikan tentang K3 ini. Sebab hal tersebut perlu menjadi budaya yang mesti dilakukan oleh setiap perusahaan yang memperkerjakan para karyawan, sehingga bisa selamat dari kecelakaan kerja.

"Makanya kita minta K3 ini menjadi perhatian bagi semua perusahaan. Selain itu, terapkanlah SOP yang telah ada, sehingga para karyawan yang bekerja merasa nyaman dan tenang. Selain itu, lengkapilah apa saja peralatan yang dibutuhkan bagi karyawan dalam bekerja,"tutupnya.**(saf)