• Foto: MC Riau

PASIR PENGARAYAN -- Gaungriau.com -- Bupati Rokan HUlu Provinsi Riau H Sukiman intruksikan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menanam minimal 10 pokok pohon di Hutan Taman Kota Pasir Pengarayan, ini dlakukan sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu untuk membenahi hutan kota yang terletak di tengah perkantoran Pemda Komplek Bina Praja Pasir Pengarayan tersebut.

Orang nomor satu Rohul itu meminta agar hutan kota itu dijadikan taman asri, sehingga bisa digunakan untuk lokasi santai, olahraga atau jogging bagi masyarakat dan pegawai di jajaran Pemkab Rohul.

"Setiap OPD harus menanam bibit pohon minimal 10 pokok. Itu akan bermanfaat sebagai pelindung dan menjadikan hutan kembali asri dan hijau," sebut Bupati Sukiman, Jumat 4 Mei 2018.

Bupati Rohul Sukiman juga mengingatkan masing-masing OPD agar ikut merawat tanaman yang sudah ditanam di hutan kota, sehingga diharapkan pohon bermanfaat sebagai penghijauan, dan penghasil oksigen yang bermanfaat bagi manusia.

Kemudian, dengan berbagai jenis pohon yang ditanam oleh OPD di hutan kota, seperti pohon matoa, jati, meranti, serta pohon buah-buahan seperti manggis, rambutan, mangga, sukun, nangka mini varietas Pasir Pangaraian, serta jenis lainnya maka keanekaragaman pohon kedepannya akan terlihat.

Melalui penanaman pohon penghijauan, diakui Bupati Sukiman, ju‎ga dilakukan di kawasan perkantoran dan rumah dinas Bupati dan rumah dinas Wakil Bupati Rohul.

“Kemudian, kita berupaya secara bertahap, akan mengelola hutan kota ini menjadi sebuah taman yang asri dan alami," terang Bupati Sukiman, seperti dilansir MC Riau.

Bupati Sukiman mengungkapkan rencananya, melalui Dinas Perumahan dan Permukiman Rohul, akan dianggarkan untuk pembangunan jalan setapak semenisasi diperkirakan 1,8 kilometer.

Lalu, jalan setapak tersebut sambung Bupati Sukiman, akan dimanfaatkan untuk olahraga atau jogging masyarakat di kawasan hutan kota, sekaligus untuk memperindah hutan kota.‎ Kemudian, bila ada kegiatan maka bisa digelar di hutan kota tersebut.

Sementara Kepala BPKAD Jaharuddin SP MM menyebutkan, kedepan BPKAD bersama seluruh pegawainya, menghijaukan hutan kota dan kawasan perkantoran mereka. Karena, bila sudah ditanam pohon pohon dan buah maka akan banyak habitat satwa yang datang sehingga kedepannya bisa berkembang biak.

“Kami berkomitmen, akan menjaga seluruh tanaman yang kita tanam di hutan kota. Kemudian akan selalu merawatnya yang nantinya bermanfaat bagi seluruh masyarakat, termasuk bagi pegawai di jajaran Pemkab Rohul,” janjinya.

Bukan itu saja, bila selama ini pegawai hanya duduk didepan komputer atau laptop menghitung angka-angka, dengan adanya hutan kota yang hijau nan asri kita bisa sesekali rekreasi bersama menghilangkan penat dan kejenuhan setelah seharian bekerja di kantor. Konsep hijau atas intruksi Bupati H Sukiman, sangat bagus sekali dan kita juga diminta bertanggungjawab merawat tanaman yang sudah kita tanam hingga berbuah nantinya.

Jaharuddin menambahkan, akan menkoordinir seluruh pegawainya agar bersama-sama melakukan penghijauan, baik di hutan kota atau kompleks perkantoran mereka. Selain untuk pohon pelindung, dengan adanya tanaman buah maka buah yang dihasilakan nantinya bisa dimakan dan dinikmati, termasuk kawasan hijau akan menghasilkan oksigen yang bermanfaat bagi manusia.**(nik)