PEKANBARU -- Gaungriau.com -- Komunitas Pewarta (KASTA) Riau akan menggelar pelatihan jurnalistik dan fotografi, Sabtu 26 Mei 2018 besok. Kegiatan dengan tema "Cara Smart Menulis Berita Online Agar Tak Dibilang Hoax" ini akan digelar di Balai Wartawan, Jalan Sumatera.

Kegiatan ini nantinya akan diikuti oleh perwakilan pers kampus yang ada di Riau.

Ketua KASTA Riau Yudi Saputra mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pers kampus pada semua aspek pembuatan dan penyampaian berita.

"Kegiatan ini juga dimaksudkan guna mengembangkan standar profesionalisme di bidang media online. Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan pers kampus, sehingga ketika dihadapkan dalam industri media profesional memiliki standar kualitas yang sama dengan standarisai pada umumnya," ujar Yudi, Jumat 25 Mei 2018.

"Selain itu juga untuk mengetahui bagaimana teknis fotografi yang baik untuk pemberitaan," imbuhnya.

Ia menyampaikan kegiatan tersebut direncanakan digelar dalam satu hari dengan pemateri dari media nasional Detik.com dan juga dari fotografer Tribunpekanbaru.

"Jadi nanti kedua narasumber ini akan menyampaikan seperti apa kode etik wartawan, cara memproduksi beriya serta mempelajari teknik dasar fotografi untuk berita," jelasnya.

Untuk persiapan sampai saat ini sudah 95 persen. "Persiapan sudah hampir 100 persen. Hanya tinggal sedikit teknis saja. Harapan kita acara ini bisa sukses digelar dan nantinya akan membawa manfaat bagi peserta yakni pers kampus," harapnya.**(rls)