JAKARTA -- Gaungriau.com -- Senator DPD RI dari Provinsi Sumatera Utara Parlindungan Purba mengadakan pertemuan dengan Menteri Pertanian Amran Sulaiman membahas mengenai pengembangan bidang pertanian untuk masyarakat Siabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Parlindungan Purba berharap bidang pertanian di Kabupaten Karo dapat menyokong perekonomian masyarakat.

Dalam pertemuan yang dilakukan di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Sawah Besar Selasa 5 Juni 2018, Parlindungan meminta agar Amran Sulaiman memberikan bantuan kepada para petani di wilayah Sinabung, Kabupaten Karo. Lahan pertanian masyarakat Sinabung sering rusak dikarenakan bencana Gunung Sinabung.

“Kami tadi bertemu dengan menteri pertanian dan disampaikan apa yang menjadi keinginan pemerintah Sumatera Utara. Dan katanya permintaan bibit, kopi, bibit buah, holtikultura, traktor akan ditangani,” ucapnya.

Selain itu, dalam pertemuan yang turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung, Bupati Karo Terkelinn Brahmana, serta Kadis terkait, Parlindungan Purba meminta agar Menteri Pertanian melakukan riset untuk menentukan jenis pertanian yang cocok untuk dibudidayakan di daerah Sinabung yang merupakan wilayah gunung berapi.

Menindaklanjuti pertemuan tersebut, Parlindungan Purba yang juga Ketua Komite II DPD RI menjelaskan bahwa pada awal Juli akan dilakukan pertemuan di Kabupaten Karo yang bertujuan untuk membahas pengembangan bidang pertanian di Sumatera Utara.

“Pada tanggal 2 Juli akan ada pertemuan di tanah karo dengan mengundang semua direktur terkait, sehingga masalah pertanian di Sumatera Utara khususnya di Tanah Karo dapat terlaksana, sehingga kesejahteraan petani bisa lebih baik di masa mendatang”, imbuhnya.

Pertemuan dengan Menteri Pertanian tersebut merupakan tindak lanjut atas pertemuan untuk membahas bidang pertanian di Kabupaten Karo sekitar dua minggu lalu. Menurut Parlindungan Purba, dalam pertemuan yang dihadiri oleh DPD RI, kementerian-kementerian, dan lembaga-lembaga, dibahas mengenai tindak lanjut penanganan pasca bencana Sinabung dan mengenai pengembangan perekonomian di Kabupaten Karo.

“Pak Ketua DPD RI, Bapak OSO, terkait di lahan tempat pengungsi, beliau menyarankan supaya kami berkomunikasi dengan kementerian terkait. Salah satunya untuk mengembangkan dan mengoptimalkan bidang pertanian di daerah Tanah Karo,” ucap Parlindungan Purba.**(rls)