BENGKALIS -- Gaungriau.com --Jelang penutupan Pendaftaran Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Bengkalis ke KPU Bengkalis.Partai Demokrat Bengkalis mendaftarkan kader terbaik dari 45 Caleg di iringi tetabuan kompang, di KPU Jalan Pertanian Kabupaten Bengkalis, Selasa 17 Juli 2018.

Bahkan 45 Caleg itu berjalan kaki berjarak 200 meter menuju ke Kantor KPU Bengkalis, rombongan dipimpin langsung Ketua DPC Demokrat Kabupaten Bengkalis Nur Azmi Hasyim, turut serta berjalan kaki menuju Kantor KPU.

Bunyi kompang langgam Melayu tersebut membuat warga yang melintas depan Kantor KPU berhenti sejenak menyaksikan rombongan Demokrat. Sebab, dari sekian banyak partai yang sudah mendaftarkan Bacalegnya, baru Demokrat yang meriah.

Selain Nur Azmi, juga terlihat Sekretaris DPC, dr Morison Bationg Sihite, Bendahara Umum, Karnilawati dan belasan kader Demokrat lainnya.Di KPU, rombongan Demokrat sudah ditunggu Ketua KPU Defitri Akbar beserta 4 komisioner lainnya.

Usai menyerahkan dokumen, pihak KPU kemudian mencek/mencocokan nama Bacaleg yang didaftar dan kemudian datanya diimput untuk dimasukan ke sistem pendaftaran Bacaleg milik KPU.

“Tak ada kendala atas dokumen Bacalek Demokrat. Namun demikian, pihak KPU selanjutnya tetap akan memverifikasi dokumen-dokumen Bacaleg tersebut.Seluruh dokumen Bacaleg yang masuk akan kita verifikasi keabsahannya,” kata Ketua KPU Bengkalis, Defitri Akbar.

Menurut Ketua DPC Demokrat Kabupaten Bengkalis Nur Azmi Hasyim ST, dari 45 calon tersebut, 45 persen memenuhi keterwakilan perempuan.Nur Azmi Hasyim menambahkan, seluruh caleg yang diusung Demokrat sudah menandatangani pakta integritas.

“Jadi kami yakin 45 Caleg ini punya kompetensi, berintergritas dan tidak pernah terlibat masalah pidana,” tegas Nur Azmi Hasyim Caleg Nomor urut 1 Dapil Rupat Ini.

Nur Azmi Hasyim yang saat ini Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kabupaten Bengkalis mengatakan, ada 70 persen caleg yang diambil dari kader partai dan 30 persen lagi diambil dari Luar partai.

Ia juga menjelaskan, jumlah Caleg yang diambil dari luar partai sudah merupakan kebijakan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, yakni tidak bisa dengan formasi caleg yang diusung Demokrat, partai berlambang Mercy itu menargetkan 10 kursi di DPRD kabupaten Bengkalis.

"KPU dan Bawaslu dapat melaksanakan tugas dengan profesional, demi mewujudkan sistem demokrasi yang moderen dan bermartabat,"akhir anak jati Rupat ini yang jugaanggota DPRD Kabupaten Bengkalis ini.

Usai mendaftarkan 45 Caleg kader terbaik Demokrat Bengkalis, rombongan melanjutkan ngopi bareng bersama simpatisan masyarakat Bengkalis.**(put)