SIAK-- Gaungriau.com -- Secara otomatis sudah dipastikan Wakil Bupati Siak saat ini DrsH Alfedri, MSi akan naik kelas menjadi orang nomor satu di Siak menggantikan posisi Drs. H Syamsuar,MSi pasca terpilih sebagai Gubernur Riau periode 2019-2024.

Walaupun kursi Riau satu akan diduduki Syamsuar pada Febuari mendatang, untuk kursi orang nomor dua di Kabupaten Siak, saat ini telah muncul sejumlah nama yang santer dibicarakan oleh sejumlah kalangan yang ada.

Kabar berhembus kencang ada nama Hendry Munief yang berasal dari kalangan politisi (Ketua PKS Riau saat ini), salah satu dari Empat Partai pengusung Syamsuar-Alfedri pada pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Siak beberapa waktu yang lalu.

Sedangkan satu nama lagi yang cukup hangat juga jadi perbincangan publik, adalah sosok yang berasal dari birokrat, yaitu Drs HTS Hamzah MSi yang saat ini menjabat sebagai Sekda Kabupaten Siak.

Kedua kandidat yang sedang digadang-gadangkan untuk mendampingi Alfedri itu nanti merupakan putra asli Siak yang dianggap cukup layak menjadi pendamping Alfedri dalam meneruskan pemerintahan periode lanjutan hingga 2021 mendatang.

"Terhadap kedua sosok yang sudah menjadi pembicaraan banyak kalangan selama ini, kalimat itu dinilai darimana,"tanya ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Siak M. Ariadi Tarigan SP kepada Rakyat Riau di Gedung Panglima Gimbam DPRD Siak.

Sebab lanjut Dia, partai pengusung Syamsuar-Alfedri pada pemilukada Bupati dan Wakil Bupati pada 2016 lalu, selain Partai PAN,PKS, ada Hanura dan Nasdem pada waktu itu.

"Dan kalau kita hitung jumlah kursi di DPRD Siak untuk PAN 5 Kursi, Hanura 3 kursi, PKS dan Nasdem masing-masing 1 Kursi, dengan demikian dari Hanura yang cukup berpeluang besar untuk mendampingi Alfedri,"tegas Dia.

Ketika disinggung apakah Dia sendiri yang akan menjadi kandidat dari Hanura sebagai calon Wakil Bupati Siak nantinya, Tarigan dengan tegas mengatakan tidak.

"Saya tau diri, lagi pula saya bukan putra Daerah, yang jelas persoaalan ini harus dibicarakan bersama-sama dulu dengan partai pengusung, siapa yang akan didudukan untuk posisi wakil Bupati itu nantinya, yang jelas dari hitungan kursi dari Hanuralah,"tutup Tarigan.**(jas)