• Pentas Seni Kreatif Dispar Riau

PEKANBARU--Gaungriau.com-- Pentas Seni Kreatif Pekan ke-21 Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau, Jumat 24 Agustus 2018 menghadirkan Kompilasi Puisi dan Music yang dibawakan Al Jibril Atler Riau Creatif Center (Simpati Loop arena) MTQ Bandar Seni Raja Ali Haji.


Selain itu, Pentas Seni Kreatif Dispar Riau juga menghadirkan seniman dan musisi berbakat lainnya Singgasana Dance dan Kibby-id Band yang merupakan seniman dan musisi talenta muda.

Personil Al jibril Atler terdiri dari tiga personil, yakni Art Direktur Pedro, Biola Zuharman, dan Syahroni Jibril Sastrawan Pembaca puisi.

Al Jibril Atler membawakan kompilasi puisi dan Music beberapa judul, yaitu Aku Rindu Kekasihmu, Hari Ini dan Suara Emosimu Meledak-ledak. Penampilan apik kompilasi puisi dan Music ini menghanyutkan penonton yang hadir dan disambut tepuk tangan.

Art Direktur Al Jibril Atler Pedro memberikan apresiasi kepada Dispar Riau yang menggelar pentas seni kreatif karena dapat menyediakan wadah dan mengembangkan seniman-seniman di Riau.

"Kita sangat apresiasi Pentas Seni Kreatif Dispar Riau ini karena ini sangat positif mengembangkan dan memajukan seniman-seniman yang ada di Riau," ujar Pedro.


Tidak hanya itu, pertunjukan tari Skato yang dibawakan Singgasana Dance Company. Tari Skato merupakan salah satu teknik tari dengan menggunakan gerakan tubuh yang kareografer gerakannya patah-patah.

Penampilan Singgasana Dance Company yang terdiri dari empat personil penari ini, dua orang personil laku-laki dan dua orang personil perempuan ini sangat menarik perhatian penonton yang hadir.

Penampilan penutup penonton yang hadir dihibur dentuman music pop alternatif yang dibawakan Kibby-id.

Personil Kibby-id Band terdiri dari lima personil talenta muda yang masih mahasiswa dan mahasiswa perguruan tinggi di Pekanbaru. Kity pada vocal, Ihsan pada gitar 1, yudi Gitar 2, Bima pada Bass dan Bobser pada Drummer.


Kibby Band pertama membawakan judul lagu 'Hello' yang merupakan Single penyanyi tersohor Mancanegara Adele.

Kemudian, penonton dihibur Bibby-id Band dengan membawakan single karya mereka sendiri dengan judul 'Hanya Air Mata'.


Tidak hanya sampai disitu, penonton kemudian ikut menyanyi bersama-sama ketika Kibby-id membawakan Still the one yang dipopulerkan Taylor Swift Speed.


Penampilan penutup Kibby-id membawakan lagu judul Bento yang dipopulerkan Iwan Fals yang membuat semua penonton ikut bernyanyi.


Kepala Bidang Ekonomi Kreatif (Ekraf) Dispar Riau Dandun Wibawa menjelaskan pentas seni kreatif yang ditaja Dispar Riau ini untuk mengembangkan karya-karya inovatif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif.

"Jadi, pentas seni kreatif ini wadah kreatifitas publik untuk meningkatkan produktifitas karya seni. Karya yang dibawakan merupakan karya apresiasi, karya pendamping biasanya dibawakan penampil dari sekolah. Kemudian dalam penampilan pentas Seni Kreatif ini seniman yang tampil harus membawakan salah satu karya mereka sendiri," terang Dandun.


Kendati, Pentas Seni Kreatif Dispar Riau sangat bernilai positif dalam mengembangkan karya-karya inovatif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif. Namun, kegiatan tersebut terpaksa dihentikan sementara waktu akibat rasionalisasi anggaran.

"Kalau ada kesalahan dan kekurangan kami selama ini saya mewakili Dispar Riau meminta maaf. Kegiatan ini merupakan terakhir karena kegiatan ini dinolkan akibat rasionalisasi anggaran," tandas Dandun.** (rud)