SIAK -- Gaungriau.com -- Wakil Bupati Siak Alfedri selaku Ketua Kwartir Cabang 09 Gerakan Pramuka Siak membuka pelaksanaan kemah bakti Kwaran Sungai Apit sekaligus halal bi halal dan bakti sosial puskesmas Sungai Apit.

Di kesempatan itu Alfedri menyerahkan tanda pramuka garuda sebanyak 39 orang untuk kecamatan Sungai Apit di dihalaman SMP Satu Atap Teluk Lanus, Sabtu 25 Agustus 2018.

Mantan staf kantor camat Sungai Apit itu menyampaikan Kampung Teluk Lanus ini sebagai daerah terluar telah diusulkan ke pemerintah pusat untuk menjadi daerah transmigrasi.

"Kami telah mengusulkan ke Kementerian terkait untuk membuat kawasan transmigrasi di kampung ini," ujarnya.

Melalui program transmigrasi tersebut, lanjutnya, kedepan daerah ini akan semakin berkembang, dengan ketersediaan pembangunan infrastruktur yang dibangun oleh pusat, sehingga tak lagi terisolir.

Alfedri menyebutkan, untuk pertanian di kampung ini sudah semakin baik, lebih kurang ada 900 lahan yang sudah dicetak sawahnya disini. Dan tahun ini sedang dikerjakan pembangunan bangunan air dan prasarana irigasi diarea cetak sawah tersebut melalui APBD kabupaten Siak.

"Selain itu juga telah dibangun rice milling unit bantuan dari dana CSR PT Bumi Siak Pusako dan telah banyak diterima bantuan berupa alat mesin pertanian (alsintan) untuk petani Teluk Lanus ini," sebut alumni APDN angkatan 13 itu.

Pada kemah bakti tersebut secara simbolis Alfedri menyerahkan cangkul dan bibit matoa kepada anggota pramuka serta melakukan penanaman tanaman hias di halaman sekolah tersebut.

Sebelumnya Wabup Siak dua periode itu meninjau SD Negeri 24 Tanjung Pal di dusun Mungkal dan sekaligus meninjau lokasi pembangunan baru gedung SD (relokasi) melalui APBD kabupaten Siak.

Saat itu Wabup ditemani oleh Camat Sungai Apit, Penghulu, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Kadis Kesehatan dan Kadis Pertanian. Malam harinya wabup ber halal bi halal bersama masyarakat dan keesokan harinya rombongan kembali ke Siak.**(jas)