DUMAI -- Gaungriau.com -- Sedikitnya terdapat 6 titik api dan titik panas di Kota Dumai yang tersebar di Kecamatan Sungai Sembilan.

Situasi Kota Dumai yang panas dalam beberapa pekan belakangan dan tiupan angin yang kencang membuat api dengan cepat meluas dan membakar lahan-lahan lainnya.

Kondisi lahan yang merupakan lahan gambut membuat petugas pemadam kebakaran sulit memadamkan api karena lahan seperti sekam yang membakar melalui bagian bawah meski diatas terlihat sudah padam.

Komandan Sub Satuan tugas (Dansubsatgas) Karlahut Kota Dumai Kolonel (inf) Horas Sitinjak kepada rakyatriau mengatakan sampai saat ini masih ada 6 titik api dan kita terus melakukan upaya pemadaman.

"Api berasal dari jalan Parit Joko dan menyebar hingga ke lokasi lainnya. Mengingat panasnya cuaca Dumai dan hembuasan angin yang kuat membuat api dengan mudah membakar lahan lainnya," ujar Dandim.

"Kuat Dugaan kita sumber api yang ada di jalan Parit Joko sengaja dibakar. Hal itu dapat dilihat dengan menguningnya lalang dan sawit bekas diracun dan siap dilakukan pembakaran," tegasnya.

Untuk memadamkan api ini seratus lebih personil gabungan TNI, Polri, Manggala Agni, BPBD diturunkan dan dibantu oleh sejumlah perusahaan yang menerjunkan personil merekja dan alat-alat pemadam kebakaran serta alat berat guna membuat kanal penyekat dan embung sebagai sumber air.**(sar)