SELATPANJANG -- gaungriau.com -- 10 orang Petani di Kabupaten Kepulauan Meranti memperoleh Sertifikat Petani dari Kementerian Perkebunan RI. Penyerahan sertifikat itu dilakukan oleh Bupati Kepulauan Meranti, Drs. Irwan, M.Si di halaman Kantor Bupati, Senin 17 September 2018.

Turut mendampingi Bupati saat penyerahan Sertifikat itu, Wakil Bupati Said Hasyim, Sekda Yulian Norwis dan Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura Kepulauan Meranti, Prasetyo.

Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura Kepulauan Meranti, Prasetyo menjelaskan, Sertifikat tersebut diberikan oleh Kementerian Perkebunan kepada Petani yang dinilai memiliki kemampuan dalam pengelolaan hasil pertanian, dan merupakan program pertama kalinya di Indonesia.

Manfaat sertifikat itu, jelasnya, akan memudahkan para petani dalam memasarkan hasil pertanian, karena dinilai telah memiliki standar yang diakui secara Nasional maupun Internasional. Selain itu akan meningkatkan nilai jual dari hasil pertanian.

Salah satu yang didorong oleh Dinas Perkebunan adalah potensi perkebunan Kopi Liberika Meranti, dengan dikelolanya perkebunan Kopi Liberika oleh petani bersertifikat akan mendorong peningkatan nilai jual dan kesejahteraan petani.

"Selain itu akan memudahkan Kopi Liberika kebanggan Meranti untuk Go Internasional yang dampaknya akan meningkatkan kesejahteraan para petani kopi di Meranti. Kedepan dengan besarnya manfaat sertifikat petani ini, Dinas Perhubungan akan mengupayakan seluruh petani di Meranti mengantongi sertifikat," ujar Prasetyo.**(mcr)