PEKANBARU -- gaungriau.com --Diibaratkan manusia, perpustakaan adalah jantungnya Perguruan Tinggi, karena itu perpustakaan harus menjadi idola bagi mahasiswa.

Hal itu disampaikan Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau Prof Dr KH Ahmad Mujahidin SAg MAg, saat membuka kegiatan Library User Education bagi Mahasiswa baru UIN Suska Riau, Kamis 20 September 2018 di aula perpustakaan UN Suska Riau.

"Coba kalau jantung berhenti berdetak, maka seseorang akan mati, begitu juga dengan Perguruan Tinggi, jika Mahasiswanya tidak lagi mau ke perpustakaan, maka lambat laun Perguruan Tinggi itu bisa juga mati," kata Rektor.

Karena itulah, dengan berbagai kemajuan teknologi yang dimiliki perpustakaan saat ini, sudah tidak seharusnya Mahasiswa UIN Suska malas ke perpustakaan.

"Sekarang sudah serba digital, beda dengan saat kami kuliah dulu, yang untuk mendapatkan buku harus mencari ke loker, kalau sekarang cukup dengan mengetik judul buku dan memasukkan pengarangnya, maka Mahasiswa bisa langsung menuju buku yang diinginkan tersebut," kenang Rektor yang juga merupakan alumni UIN Suska.

Rektor juga mengingatkan akan pentingnya seseorang mencintai buku atau suka membaca, karena dengan banyak membaca, maka seseorang akan mampu mengusai berbagai hal.

"Banyak membaca, banyak yang diketahui dan didapat ilmunya, karena itu jadikan buku sebagai sahabat sejati kalian semua," pungkasnya.

Sementara Kepala UPT Perpustakaan UIN Suska Riau Hj Rasdanelis SAg SS M Hum, mengatakan kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan dengan tujuan untuk promosi dan memanfaatkan layanan perpustakaan yang ada terutama oleh Mahasiswa baru.

"Tujuan utamanya adalah bagaimana Mahasiswa mencintai perpustaaan, karena dengan senang berada di perpustakaan setiap harinya, dan membaca berbagai buku, maka akan banyak ilmu yang diperoleh, dengan demikian seorang Mahasiswa juga akan memiliki pandangan jauh kedepan dalam membawa kebaikan bagi dirinya," ujar Rasdanelis.

Rasdanelis juga menambahkan bahwa kegiatan ini akan diikuti oleh seluruh Mahasiswa baru UIN Suska, akan berlangsung hingga akhir bulan ini, setiap senin hingga jumat, tediri dari 15 angkatan.

"Kita meminta kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan dengan baik, dengan bisa membawa pulang ilmu yang disampaikan oleh para narasumber dari pustakawan. Kegiatan ini juga bagian dari dukungan mewujudkan institusi UIN Suska Riau terakreditasi A," ungkapnya.**(mad)