PEKANBARU -- gaungriau.com -- Organisasi kepanduan yang berfungsi sebagai sarana pendidikan bagi mahasiswa, melalui musyawarah Gugus Depan (Gedep), Praja Muda Karana (Pramuka) resmi terbentuk di Universitas Islam Riau (UIR), ini merupakan sejarah baru yang diukir Universitas tertua di Provinsi Riau tersebut.

Pada Musyawarah yang berlangsung di Fakultas Hukum, Sabtu siang 23 September 2018 itu berhasil menetapkan Dekan Fakultas Hukum UIR Dr. Admiral, SH, MH sebagai Ketua Gugus Depan Putra dan dr. Raihanatu Binqalbi Ruzain, M.Kes sebagai Ketua Gugus Putri yang merupakan Dosen Fakultas Psikologi UIR.

Terbentuknya Gudep Pramuka UIR mendapat sambutan positif dari Rektor Prof Dr Syafrinaldi SH MCL, Ia menyatakan, sebagai wahana pendidikan nonformal, peran Pramuka tidak dapat dipandang sebelah mata terutama pada pengembangan pola pikir, karakter dan tentunya eksplorasi bakat di gerakan Pramuka.

''Apabila gerakan Pramuka tercapai di Indonesia, maka mahasiswa sebagai generasi penerus akan memiliki keterampilan ekstra di luar pendidikan formal. Lebih-lebih dalam hal penanaman keterampilan kepemimpinan atau leadership,'' kata Syafrinaldi.

Ia menjelaskan, Pramuka di sebuah perguruan tinggi memiliki sifat khusus yang berbeda dengan organisasi lain, yakni ditunjukkan oleh predikat yang dimiliki anggota Gerakan Pramuka yang notabene nya beranggotakan mahasiswa. Tugas yang diemban mahasiswa, tegas Rektor, antara lain melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. Pembinaan oleh Pramuka kepada mahasiswa, tentu memerlukan pola dan strategi yang berbeda dengan anggota Pramuka lain seperti siaga, penggalang, penegak dan pendega.

''Saya menyambut baik terbentuknya Gugus Depan Perguruan Tinggi di UIR. Sebagai learning organization, gugus ini harus berdiri di depan agar menjadi contoh positif bagi seluruh elemen bangsa agar lebih sensitif menyikapi persoalan masyarakat,'' ujar Rektor.

Musyawarah Gugus Depan Pramuka UIR dihadiri Ketua Kwartir Daerah 04 Gerakan Pramuka Riau, Ketua Kwartir Cabang 0406 Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru, Wakil Rektor I Dr. Syafhendry, Wakil Rektor II Ir. Asrol dan Wakil Rektor III Ir. Rosyadi.**(rls)