• Bupati Rohil H Suyatno menyerahkan penghargaan kepada salah seorang Camat terhadap Koperasi yang berprestasi bersempena HUT Kop nasional ke-71 ,turut disaksikan Kadiskop Rohil H Wazirwan Yunus

BAGANSIAPIAPI -- gaungriau.com -- Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir memperingati Hari Koperasi Nasional yang ke-71 di pusatkan di Gedung Serbaguna Bagansiapiapi, Senin 24 September 2018. Perayaan ini langsung dihadiri Bupati H Suyatno.

Disamping itu Diskop Rohil menyerahkan penghargaan kepada koperasi yang berprestasi terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM),yang diserahkan langsung oleh Bupati H Suyatno.

Hal ini dilakukan oleh Pemerintah dalam mencanangkan program pertumbuhan ekonomi untuk memberikan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan. Sehingga koperasi memiliki peran strategis untuk mencapai pemerataan tersebut lantaran dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi yang saat ini hanya dinikmati sekelompok orang saja.

Kepala dinas Koperasi dan UMKM Rokan Hilir H Wazirwan Yunus menyebutkan bahwa Koperasi dan UKM akan terus memperjatikan Koperasi dan memberikan semangat dan apresiasi untuk meningkatkan peran koperasi dalam pertumbuhan ekonomi, sesuai dengan arahan bupati.

"Tujuannya adalah mengembangkan koperasi secara berkualitas sebagai organisasi yang memberikan kesejahteraan kepada anggotanya dan kemanfaatan kepada masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan bahwa berjalannya reformasi total koperasi, telah banyak penataan koperasi yang berhasil dilaksanakan baik terhadap para penggerak koperasi, masyarakat dan kelembagaan koperasi itu sendiri.

"Masyarakat mulai menyadari bahwa kualitas koperasi adalah yang terpenting, bukan mengejar kuantitas lembaga koperasi,kemudian pembinaan terhadap Koperasi terus menerus dilakukan pemerintah untuk pengembangan koperasi. Sebab itu, indikator-indikator pertumbuhan koperasi menunjukkan peningkatan, antara lain koperasi mencatatkan omzet hingga miliaran," tambahnya.

Sementara, Bupati Rokan Hilir menyambut baik terhadap pertumbuhan Koperasi di Rokan Hilir. Bupati mengharapkan Koperasi bisa menjadi lembaga dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Bupati juga mengajak mari beramai-ramai menjadi anggota Koperasi. Dalam hal ini bupati juga berpesan kepada ketua,dan anggota Koperasi agar selalu berusaha mengembangkan usaha demi anggotanya dan melaksanakan RAT sebagai keputusan tertinggi berkoperasi.

Disamping itu Diskop Rohil bersama mitra nya menggelar pameran disekitar gedung serba guna, dengan berbagai aneka ragam usaha Koperasi dengan memanfaatkan potensi yang ada seperti makanan, pakaian sehingga saat ditinjau bupati bersama jajaran nya menjadi daya tarik hingga banyak yang belanja membelinya.**(zai)