• Suasana gladi bersih calon wisudawan Universitas Islam Riau di GOR Indoor Volly Kampus UIR pada Jumat (28/9) yang dihadiri Rektor UIR Prof. Syafrinaldi.

PEKANBARU -- gaungriau.com -- Universitas Islam Riau kembali meluluskan 1.375 ahli madya, sarjana dan magister pada Periode III Tahun 2018. Rencananya Rektor UIR Prof. Dr. Syafrinaldi, S.H., M.C.L akan mewisuda calon sarjana itu dalam Rapat Senat Terbuka di Venue Volly Indoor Kampus UIR Perhentian Marpoyan Pekanbaru, Sabtu 29 September 2018 besok.

Ke-1.375 wisudawan/ti berasal dari sembilan fakultas dan satu pascasarjana. Masing-masing FKIP 416 orang, Teknik 191, FISIPOL 180, Ekonomi 162, Hukum 106, Pascasarjana 102, Pertanian 90, FIKOM 49, Fakultas Agama Islam 41 dan Psikologi 38. Diantaranya terdapat empat mahasiswa asal Thailand dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Agama Islam.

Rektor UIR menyebutkan, jumlah wisudawan Periode III Tahun 2018 lebih banyak dari Periode II. Pada Periode II UIR mewisuda 974 mahasiswa. Atau naik sebanyak 401 orang dibanding periode lalu. ''Ada pertimbangan- pertimbangan khusus yang membuat quota kita lebih dari wisuda tahun-tahun sebelumnya,'' kata Rektor didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. H. Syafhendry dan Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan Akmar Effendi S.Kom, MKom di Kampus UIR, Jumat sore 28 September 2018 usai menghadiri gladi bersih dengan para wisudawan.

Sama dengan wisuda Periode II, pada Wisuda Periode III Rektor sekaligus menyerahkan penghargaan kepada para pemuncak. Baik pemuncak di tingkat universitas maupun fakultas. Pemuncak universitas diberi uang penghargaan Rp 2juta, sementara fakultas Rp 1juta.

“Kita terus mendorong dan memotivasi mahasiswa supaya berlomba meningkatkan prestasi akademik,'' kata Rektor.

Rektor menghimbau kepada calon wisudawan beserta para orangtua, supaya telah hadir di GOR satu jam sebelum pelaksanaan acara. Ia juga mengingatkan wisudawan, bahwa dengan jumlah wisudawan sebanyak itu maka diperkirakan 6.000 orang akan masuk ke lokasi acara. Mereka, selain wisudawan juga orangtua beserta anggota keluarga lainnya, anggota senat universitas, undangan serta panitia.

Karena itu, imbuh Rektor, supaya calon wisudawan tidak terjebak macet baik di sepanjang perjalanan Jalan Kaharuddin Nasution menuju ke m UIR maupun di pintu masuk kampus, hendaknya calon wisudawan dapat datang lebih awal.

''Kita harapkan semua prosesi acara esok berjalan lancar, dan berakhir tepat waktu sesuai jadwal yang sudah diatur panitia. Mudah-mudahan sebelum azan lohor berkumandang acara telah selesai,'' ujar Rektor.**(rls)