PEKANBARU -- gaungriau.com --Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Pusat menyerahkan bantuan beasiswa cendekia dan uang saku bulanan kepada tujuh mahasiswa Universitas Islam Riau. Penyerahan berlangsung Rabu siang di Gedung Rektorat UIR Kampus Perhentian Marpoyan Pekanbaru, Rabu siang 10 Oktober 2018.

Bersempena dengan penyerahan beasiswa itu dilakukan pula penandatanganan akad antara penerima beasiswa dengan Rektor UIR Prof. Syafrinaldi. Acara itu turut dihadiri Wakil Rektor I Dr. H. Syafhendry, Wakil Rektor II Ir. Asrol, Wakil Rektor III Ir. Rosyadi, Ketua LDIK Dr. Zulhelmy dan Sekretaris Anton Afrizal Candra, SAg., M.Si, serta Dekan-dekan fakultas di lingkungan Universitas Islam Riau.

Ketujuh penerima beasiswa BAZNAS adalah Sukronagustiar dari Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian, Bastian Abdullah (Agribisnis Fak. Pertanian), Gustrinazul (Agribisnis Fak. Pertanian), Theresya (Pendidikan Agama Islam FAI), Ilham (Pendidikan Agama Islam FAI), Cindy Dwi Lestari (Ilmu Pemerintahan FISIPOL) dan Ade Dwi Perdana (Agroteknologi Fak. Pertanian).

Masing-masing mahasiswa memperoleh bantuan biaya pendidikan berupa SPP/UKT maksimal Rp 4juta/semester sampai semester delapan dan uang saku senilai Rp 400ribu/bulan. Dalam akad yang diteken mahasiswa, mereka berkewajiban menjunjung tinggi akhlak islami dan kemuliaan Islam. Menjaga nama baik institusi lembaga BAZNAS dan NKRI.

Kewajiban lainnya, mematuhi seluruh peraturan yang berlaku dalam program beasiswa cendekia BAZNAS, siap mendukung, mengikuti dan berkontribusi dalam program-program dan pembinaan lembaga BAZNAS. Serta siap menerima konsekuensi pemutusan akad bila dikeluarkan dari universitas karena alasan indisipliner, pencemaran nama baik dan sejenisnya. Juga tidak memenuhi kriteria Indeks Evaluasi yang ditetapkan oleh program beasiswa cendekia.

Rektor UIR Prof. Syafrinaldi menyebutkan, bantuan biaya pendidikan untuk ketujuh mahasiswa merupakan realisasi ditanda-tanganinya MoA (Memory of Agreemnet) oleh Sekretaris LDIK Anton Afrizal Candra dengan BAZNAS Pusat di Kementerian Agama, September kemaren.

Ia mengingatkan penerima beasiswa akan kewajiban yang telah disepekatoli di dalam akad. Terutama menyangkut konsekuensi yang mengakibatkan terjadinya pemutusan akad. ''Atas nama Rektor saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada BAZNAS Pusat yang telah memberi bantuan pendidikan kepada mahasiswa UIR termasuk uang bulanan,'' kata Rektor.

Beasiswa ini besar sekali manfaatnya bagi UIR dan bagi penerima. ''Tim telah menseleksi secara ketat para penerima beasiswa. Mudah-mudahan kerjasama UIR dengan BAZNAS Pusat dapat ditingkatkan lagi di tahun depan,'' ujar Rektor.

Minggu lalu, lanjutnya, BAZNAS Provinsi Riau juga menyalurkan beasiswa bersama-sama dengan Unit Pengumpul Zakat UIR.**(rls)