PEKANBARU -- gaungriau.com -- Pengusaha muda Jefri Van Novis motivasi ribuan Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Lingkungan Lembaga Layanan DIKTI Wilayah X, di Universitas Islam Riau (UIR), Jumat pagi 26 Oktober 2018. Mereka antusias hadir untuk mendengar rintisan bisnis yang dibangun Jefri sejak jadi mahasiswa.

Kuliah umum jelang puncak Entrepreneurship Award (EA) LLDIKTI Jumat siang itu antaralain diikuti oleh mahasiswa Universitas Lancang Kuning, Universitas Muhammadiyah Riau, Universitas Abdurrab, STIKES Hang Tuah Pekanbaru dan Finalis EA II tahun 2018 dari empat Provinsi, yakni Riau, Sumbar, Jambi dan Kepulauan Riau.

Ketua Steering Comitte EA II Prof. Musliar Kasim menyampaikan rasa salut dan bangganya kepada LLDIKTI Wilayah X. Karena dari 14 wilayah LLDIKTI, hanya LLDIKTI X yang melaksanakan program entrepreneurship.

''Kita bangga dengan Prof. Heri sebagai kepala LLDIKTI wilayah X, mudah-mudahan kegiatan ini dapat terselenggara setiap tahun di setiap Provinsi dalam Wilayah X,'' ujar Musliar.

Menurutnya, EA merupakan program yang mendorong mahasiswa menjadi pengusaha muda, yakni pengusaha yang intelek. Memiliki kecerdasan intelektual. Dan, untuk merintis ke arah itu harus dimulai sejak di bangku kuliah. Itulah sebabnya, panitia mendatangkan Jefri Van Novis berbagi pengalaman kepada mahasiswa.

'"Sengaja kita undang Jefri Van Novis memberi kuliah umum karena ia berhasil mengembangkan sayap bisnis, dan usaha yang dirintis Jefri ia mulai ketika masih mahasiswa,'' katanya.

Panitia bisa saja mendatangkan pengusaha sekelas Eric Tohir atau Sandiaga Salahuddin Uno. Selain momentnya tidak tepat karena berbenturan dengan tahun politik, mereka juga pengusaha besar.

''Saya mendapat masukan dari banyak pihak supaya tidak menghadirkan terlebih dahulu pengusaha besar. Takut nanti mahasiswa gamang memulai bisnis. Karenanya kita pilih saja pengusaha Jefri Van Novis,'' tambah Musliar.

Sementara Ketua Panitia EA II tahun 2018 Rosyadi, kegiatan ini diikuti 217 peserta dari berbagai perguruan tinggi. Dari jumlah tersebut dewan juri menetapkan 20 finalis untuk dua kategori, yakni kategori usaha yang sedang berjalan dan kategori bisnis plan. Mereka berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp101 juta.

''Kami sampaikan terima kasih kepada LLDIKTI yang telah memberi kepercayaan kepada UIR sebagai tuan rumah. Kalau tahun ini hadiah yang disediakan tuan rumah Rp 101 juta, tahun depan diharapkan lebih besar lagi,'' ujar Rosyadi.

Begitupun dengan jumlah peserta. Rosadi berharap tahun depan bisa juga meningkat, karena itu Ia mengajak untuk mempersiapkan peserta EA tahun depan dari sekarang agar pelaksanaan EA meningkat secara kualitas dan kuantitas dari EA I dan EA II.

''Saya optimis Entrepreneurship Award III direspon positif oleh mahasiswa,'' ujar Rosyadi.

Ikut juga hadir di tengah mahasiswa Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. H. Heri, MBA, Sekretaris LLDIKTI Yandri, SH., MH, Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L, Rektor Universitas Baiturrahmah Padang Prof. Dr. H. Musliar Kasim, Wakil Rektor I UIR Dr. H. Syafhendri, Wakil Rektor II Ir. H. Asrol, Wakil Rektor III Ir. H. Rosyadi dan Dekan-dekan di Lingkungan UIR.**(rls)