PINGGIR -- gaungriau.com -- Salah satu kewajiban sebagai warga desa, untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), adalah menyalurkan hak suaranya. Hal ini seperti dilakukan Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Rabu 31 Oktober 2018 menyalurkan hak suaranya pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) 3 Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir.

Orang nomor satu di Negeri Junjungan itu tiba di TPS 3 sekitar pukul 08.13 WIB dan langsung disambut oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS). Sebelum menyalurkan hak pilihnya, Amril Mukminin menyatakan kepada PPS, terkait kondisi pelaksanan dan jumlah pemilih.

Setelah mendengarkan penjelasan dari PPS, mantan Kepala Desa Muara Basung ini, langsung mengambil kertas suara dan masuk ke bilik suara untuk menentukan pilihannya.

Seperti diketahui, calon kepala desa yang bertanding pada perhelatan pesta demokrasi tingkat desa Muara Basung pada tahun ini, sebanyak dua calon, yakni Muhammad Rahim (1) dan Akhyar Mukmin (2). Jumlah pemilihan sesuai daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 5.178 pemilih dengan jumlah TPS sebanyak 15 tempat.

Sebelum tiba di TPS 3, Bupati Bengkalis bersama Kapolres Bengkalis AKPB Yusup Rahmanto, Dandim 0303 Letkol Inf Timmy Prasetiyo Harmianto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Yuhelmi, Camat Pinggir Toharuddin, serta sejumlah kepala perangkat daerah, meninjau TPS 1 Desa Muara Basung.

Setelah menyalurkan suara di TPS 3, suami dari Kasmarni bersama rombongan melanjutkan peninjauan TPS 4 Jalan Banjaran Dusun II Desa Muara Basung. Kehadiran mantan anggota DPRD Bengkalis di TPS tersebut, disambut antusias oleh PPS maupun warga yang antri untuk memberikan suara.

Tak hanya meninjau pelaksanaan Pilkades di Kecamatan Pinggir, Bupati Amril Mukminin juga meninjau sejumlah TPS di Kecamatan Bathin Solapan yang berbatasan dengan Kota Dumai.

Di Kecamatan Bathin Solapan, sebanyak dua desa melaksanakan pesta demokrasi Pilkades, yakni Desa Bumbung dan Desa Balai Makam. Jumlah pemilih di Desa Bumbung sebanyak 3.333 jiwa dengan 11 TPS. Untuk Desa Balai Makam sebanyak 6.033 orang yang tersebar pada 17 TPS.

Momentum kehadiran Bupati Bengkalis saat meninjau TPS langsung dimanfaatkan oleh PPS maupun warga yang antri memilih. Secara bergantian warga minta poto bersama dengan Bupati Bengkalis dan rombongan.**(diskominfotik)