• Ketua KONI Pusat saat berbincang dengan Ketua KONI Bengkalis

BENGKALIS -- gaungriau.com -- Ketua Umum Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman,S.Ip menegaskan bahwa Kabupaten Bengkalis memilki atlet yang luar biasa dengan segudang prestasi baik ditingkat Nasional dan Internasional.

"Saya tau persis Bengkalis memiliki potensi atlet Nasional dan Internasional yang sudah disumbangkan pada Asian Game 2018,atas prstasi ini saya menilai Bengtkalis memilki potensi atlet yang luar biasa," ujar Tono Suratman usai melakukan kunjungan di Sekretariat KONI Bengkalis, Ahad 4 November 2018.

Tono juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan Ketua Umum KONI Riau yang telah mengundang ke Bengkalis dalam rangka peringatan HUT KONI ke-80 yang dipusatkan di Bengkalis dan seklaigus menghadiri pelantikan pengurus yang baru.

"Saya datang kemari untuk memberikan pembekalan kepda KONI Bengkalis atas saran dan masukan dari Ketua Umum KONI Riau," kata Tono.

Diungkapkannya, dengan segudang prestasi yang diraih oleh atlet Bengkalis, KONI pusat menaruh perhatian untuk menjadikan Bengkalis sebagai sentra peminaan cabang-cabang olah raga tertentu yang nanti untuk strateginya ada pada KONI Riau.

Selain itu cabor-cabor yang berprestasi seperti anggar, Sepaktakraw, Angkat Besi, layar dan panahan harus dilakukan pembinaan secara inten dengan memberdayakan sumber daya manusia yang ada dan hal harus didukung semua pihak.

Sementara itu Ketua KONI Provinsi Riau Emrizal Pakis berharap kepada KONI Bengkalis untuk memanfaatkan geografis dan demografis alam, dimana berbatasan dengan kawasan yang startegis dan harus dimanfaatkan dengan negara tetangga Malaysia dan SIngapura dan orientasinya tidak lokal lagi tapi sudah global.

"Perbanyak membangun komunikasi dengan negara tetangga, Malaysia, Kuala Lumpur, Johor dan tidak berorientasi kepada Jakarta saja, seperti olah raga layar danharus banyak belajar dari mereka," kata Emrizal Pakis.

Diharapakan juga KONI Bengkalis memperbanyak anak tempatan yang sudah menyatu dengan alam seperti di Desa Selat Baru dijadikan bibit atlet dan yang terpenting mencari pelatih yang sudah memiliki segudang pretasi dan hal ini apa bila dilakukan Bengkalis akan berbeda dengan daerah Kabupaten kota lainnya.

"Atlet kita harus diglobalkan dengan mengirim mereka berlatih atau bertanding ke luar negeri seperti Korea dan kita minta Ketum untuk mendukungnya,apa bila program ini dilaksanakan dengan baik bengkails akan memliki atlet yang sangat berkualitas, intinya bengkalis banyak memilki potensi atlet yang cukup besar dengan dilatih pelatih profesional, dan kita akan dukung," kata Emrizal.**(put)