BENGKALIS -- gaungriau.com -- Pada pelaksanaan Apel Tiga Pilar, Bupati Bengkalis Amril Mukminin menyampaikan beberapa point yang perlu menjadi perhatian seluruh pihak, agar pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) di tahun 2019 berlangsung aman, damai dan sejuk.

Pesan ini khusus diingatkan kepada camat, Kapolsek, Danramil serta Kepala Desa/Lurah, Bhabinkamtibmas, Babinsa maupun seluruh pejabat dan Aparatur Sipil Negara di Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

“Pertama, agar senantiasa memberikan sosialisasi dan edukasi, bahwa Pemilu 2019 bukanlah ajang pemecah belah. Sebaliknya, ianya merupakan perwujudan demokrasi untuk kian memperkuat persatuan dan kesatuan. Perbedaan penggunaan hak politik di Pemilu 2019, harus tetap bermuara untuk mengkuatkan ikatan semangat Kebhinekaan masyarakat di daerah ini,” pinta Bupati.

Ungkapan ini disampaikannya ketika menjadi inspiktur aple Apel Tiga Pilar, bersama Kapolres Bengkalis, AKPB Yusuf Rahmanto dan Dandim 0303/Bengkalis, Letkol Inf Timmy Prasetya Harmianto, di halaman kantor Bupati, Senin sore, 5 November 2018.

Kedua, sambungnya, cegah sedini mungkin munculnya perbedaan yang dapat menimbulkan konflik sosial atau horizontal di masyarakat yang mengakibatkan terganggunya Kamtibmas dan Pemilu 2019.

“Maka, unsur terkait yang harus dan wajib menjaga netralitas harus memberikan informasi yang baik dan benar. Luruskan jika ada berita bohong atau hoaks di tengah masyarakat,” tutur Amril.

Point ketiga, agar seluruhnya menjadi sumber informasi bagi pimpinan, berperan aktif dalam membantu penyelesaian masalah di masyarakat, serta selalu menjaga persatuan dan kesatuan demi keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia.

“Mari kita wujudkan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 yang aman, damai dan sejuk serta sukses, jujur dan demokratis. Pemilu legislatif dan pilpres 2019 yang tanpa hoaks, persekusi, politisasi sara, politik uang, serta tanpa saling hujat dan menabur ujaran kebencian,” ajaknya.

Hadir pada Apel tiga Pilar tersebut, Sekda Bengkalis, H Bustami HY, Waka Polres Bengkalis, Kompol Ade Zamrah, Kepala Lapas Bengkalis, Maizar, Ketua KPU Bengkalis, Defitri Akbar, Ketua Bawaslu Bengkalis, Mukhlasin, Ketua MKA LAMR Bengkalis, H Zainuddin Yusuf, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Adapun yang menjadi peserta apel tiga pilar dimaksud yakni para camat bersama Kepala Desa/Lurah, anggota TNI dan Polri di seluruh Kabupaten Bengkalis. Kemudian ASN dan para pejabat eselon II dan III di lingkungan pemerintah Kabupaten Bengkalis.**(rls/put)