• Jalan di Depan Mal Ciputra Seraya Pekanbaru

PEKANBARU--gaungriau.com-- Mal Ciputra Seraya Pekanbaru yang berada di Jalan Riau merampas hak pejalan kaki yang melintas di depan Mal tersebut. Betapa tidak, trotoar yang diperuntukan justru tidak ada, tanah yang seharusnya jadi trotoar ditinggikan ditanami bunga dan langsung pagar depan Mal Ciputra Seraya Pekanbaru. Al hasil, berdasarkan pantauan awak media ini di lapangan trotoar yang menjadi hak masyarakat pejalan kaki dirampas.

Berdasarkan pantauan awak media ini, masyarakat pejalan kaki yang melintas kawasan tersebut tidak ada pilihan terpaksa berjalan di badan jalan. Sehingga, masyarakat pejalan kaki terancam keselamatannya, apalagi kawasan tersebut merupakan kawasan padat lalu lintas banyak kendaraan bermotor baik roda dua dan roda empat lalu lalang dan sering terjadi kemacetan di jalan depan Mal Ciputra Seraya Pekanbaru. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru M. Jamil mengungkapkan sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku seharusnya di pinggir jalan itu ada trotoar yang merupakan hak masyarakat pejalan kaki.

"Hal seperti itu memang tidak boleh itu kan merampas hak masyarakat pejalan kaki, sehingga itu membahayakan masyarakat pejalan kaki di kawasan tersebut. Bisa kena mobil bahaya itu," ungkap Jamil kepada sejumlah wartawan, Senin 5 November 2018.

Menurutnya, tidak adanya trotoar dan pagar Mal Ciputra Seraya Pekanbaru langsung berpapasan dekat itu diduga dilakukan untuk memperluas area parkir Mal Ciputra Seraya Pekanbaru di bagian depan.

"Itu untuk mengambil parkir di depan itu. Itu ngak boleh, itu hak pejalan kaki itu tak bisa," ujar Jamil.

Terkait persoalan ini, Awak media ini langsung mengkonfirmasi persoalan tersebut kepada Manajemen Mal Ciputra Seraya Pekanbaru yang berada di Lantai 3. Setelah masuk awak media ini langsung dihadang Satpam yang mempertanyakan tujuan kedatangan awak media secara spesifik. Dengan jelas, awak media ini mengatakan ingin mengkonfirmasi terkait trotoar jalan yang tidak ada di depan Mal Ciputra dan Pagar yang langsung dekat dengan jalan. Kemudian, awak media ini dipertemukan dengan pihak Manajemen Ciputra Seraya Pekanbaru. Namun, pihak manajemen malah terkesan tidak mau tahu dan sama sekali tidak peduli dan tidak memberikan jawaban terkait persoalan tersebut.

"Saya kurang tahu itu pak," ujar Sekretaris Manajemen Mal Ciputra Seraya Pekanbaru Yessi.

Ketika ditanya terkait pihaknya sudah merampas hak pejalan kaki?. Apakah itu pantas karena jelas itu terlihat setiap hari ketika memasuki pagar Mal Ciputra Seraya Pekanbaru?. Yessi berdalih tidak berkompeten dan tidak mau berkomentar terhadap persoalan tersebut.

"Saya no comment itu. Iya, ngak bisa jawab juga. Bagian itu lagi meeting dan Public Relation kami juga lagi meeting di luar," dalihnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Satpol PP Pekanbaru Agus Pramono terkejut ketika dikonfirmasi adanya persoalan tersebut karena baru mengetahui ketika dikonfirmasi beberapa wartawan. Agus menjelaskan, sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku di pinggir jalan itu ada trotoar yang diperuntukan untuk pejalan kaki.

"Saya baru tahu nih, kalau memang seperti nanti kita akan cek ke lapangan," ujar Agus.

Dilanjutkannya, pihaknya bersama Tim Satpol PP Pekanbaru akan mengecek langsung terkait tidak adanya trotoar atau perampasan hak pejalan kaki tersebut.

"Itu harus ada trotoar untuk pejalan kaki di pinggir jalan. Kalau tidak ada itu akan ditertibkan dan dikembalikan sebagaimana seharusnya," tegas Agus.** (rud)