PEKANBARU--gaungriau.com-- Sebanyak 40an Sultan Luar Negeri dijadwalkan akan hadir dalam Acara Peringatan Haul Marhum Pekan yang akan digelar, Senin 19 November 2018 di Masjid Raya Pekanbaru.

Marhum Pekan merupakan Sultan Siak IV Pendiri Kota Pekanbaru yang dimakamkan di sisi Masjid Raya Pekanbaru.

Panitia acara pelaksanaan Haul Marhum Pekan, Datuk Ok Tabrani mengungkapkan, Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Pekanbaru bersama Pemko Pekanbaru, Pemprov Riau dan Dewan Pengurus Masjid Raya akan mengadakan Kegiatan Peringatan Haul Marhum Pekan (Sultan Abdul Jalil Alamuddinsyah) yang merupakan Sultan Siak IV pendiri kota Pekanbaru.


"Jadi, Dalam Haul Marhum Pekan ini akan dihadiri langsung 40an kerabat Sultan dari luar negeri . acara akan di adakan di Masjid Raya kota pekanbaru sebab makam Marhum Pekan juga berada di sisi Masjid Raya," ungkap Datuk Ok Tabrani kepada wartawan.

Senada disampaikan Ketua Umum LAMR Kota Pekanbaru Datuk Yose Saputra yang juga anggota DPRD Kota Pekanbaru dari fraksi Golkar didampingi Ketua Dewan Pengurus Mesjid Raya Drs.Amrul Muktar.

Datuk Yose menerangkan, sebanyak 40 orang kerabat sultan yang berasal dari luar negeri akan hadir pada acara tersebut, disamping itu tentunya juga akan dihadiri oleh Datuk Bandar Setia Amanah Tuan Walikota Pekanbaru, Datuk Timbalan Setia Amanah Tuan Masyarakat Adat Riau Plt Gubernur Riau, Tuan Gubernur Terpilih dan Fokompinda Riau dan Kota Pekanbaru.

Sementara itu terkait persiapan, Ketua Panitia Datuk Ok Tabrani menjelaskan persiapan acara sudah 80 persen akan digelar 19 November 2018. Acara ini merupakan acara perdana semenjak kota pekanbaru ini berdiri, dan akan kita jadikan iven religi taunan, pada saat acara itu juga akan ada pemberian paket sembako sebanyak 50 paket bantuan dari pihak Alfamart untuk anak yatim, kemudian akan diadakan juga pemugaran / revitalisasi komplek makam sultan yang akan dilaksanakan oleh pihak PT PLN Persero Wilayah Riau. Kita dari LAMR Kota Pekanbaru tentunya mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kegiatan ini, pihak Managemen PT.PLN Wilayah Riau berencana akan merenovasi seluruh komplek makan sultan tentunya ini patut kita berikan apresiasi atas bantuan yang diberikan.


"Melalui kesempatan ini, Kami menjemput seluruh masyarakat kota pekanbaru kiranya dapat menghadiri kegiatan tersebut," pungkas Datuk Ok Tabrani mengakhiri.** (rls)