SIAK -- gaungriau.com -- Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 juga berlangsung di Kabupaten Siak. Seluruh ASN mengikuti Apel HKN tersebut di halaman kantor Bupati Siak, Senin 12 Nopember 2018.

Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Drs H Tengku Said Hamzah membacakan pidato Mentri Kesehatan RI Prof DR dr Nila Farid Moeloek Sp.M (K).

Peringatan HKN ke-54 ini sebagai momentum yang baik untuk mengingatkan kita bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan dengan memprioritaskan promotive-preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif.

Selain itu Menkes juga mengajak seluruh insan kesehatan baik dijajaran Kementerian Kesehatan maupun ditingkat daerah agar menjadikan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-54 sebagai momentum untuk merefleksikan kembali sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan.

Serta sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur lintas sektor, dalam melaksanakan pembangunan Kesehatan.

"Peringatan Hari Kesehatan Nasional saat ini, mari kita kobarkan semangat melayani, semangat menggerakkan. Semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian derajat kesehatan yang setinggi-tingginya yang dimulai dari diri kita masing-masing," tutupnya.

Diakhir acara, Sekretaris Daerah Kabupaten Siak bersama Unsur Forkopimda menyerahkan penyerahan 3 unit Ambulance untuk RSUD Tualang, RSUD Minas dan Puskesmas Siak.

Selanjutnya penyerahan penghargaan kepada pemenang l puskesmas Berprestasi Tingkat Nasional yaitu dari Puskesmas Sei Apit atas Prestasinya dalam melaksanakan program kerja bidang Kesehatan kategori Puskesmas Kawasan terpencil/sangat terpencil.

Penyerahan sertifikat Akreditasi dari komisi akreditasi fasilitas kesehatan tingkat pertama Kementrian Kesehatan, Penghargaan Sekolah Terbaik dalam pelaksanaan program Fot For School, Penghargaan Khusus baik untuk Puskesmas maupun Kecamatan Lubuk dalam T Indra Putra, Camat Koto Gasib Dicky Sofyan, serta Penyerahan Pemenang Lomba Kampung/Kelurahan Sanitasi total berbasis Masyarakat Tingkat Kabupaten Siak.**(rls/jas)