PEKANBARU -- Pendidikan dalam mendidik anak, tidak sepenuhnya menjadi bertangung jawab satuan pendidikan, tapi juga menjadi bahagian pendidikan yang dilakukan keluarga. Pendidikan keluarga ini juga sangat penting dalam pembentukan karakter dan budaya prestasi peserta didik.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Riau Rudyanto diwakili oleh Kepaal Bidang (Kabid) pengembangan Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PKPLK) Kaifi Azmi, saat membuka kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Kelompok Kerja Pendidikan Keluarga, Selasa 13 Nopember 2018 sore di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru.

Dijaelaskannya, pelibatan satuan pendidikan, orangtua dalam pembentukan karakter anak ini harus terus dibangun dengan menjalin komunikasi antara satuan pendidikan dan orangtua."Jadi pendidikan keluarga di satuan pendidikan harus bisa menjadi penopang untuk pembentukan karakter anak. Komunikasi dua arah, baik keluarga, satuan pendidikan harus terus terjaga," ujar Kaifi.

Kaifi juga mengatakan pendidikan keluarga yang baik atau pun buruk, sedikit banyak akan berdampakan kepada perkembangan karakter anak. Pendidikan tidak hanya berada ditangan satuan pendidikan tapi juga ditangan keluarga. Oleh karena itu, perlu ada batasan atau limpahan yang menjadi tangungjawab sekolah dan keluarga.

"Dengan kegiatan ini perlunya komitmen untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan dalam menjalin dan memperkuat kemitraan antara satuan pendidikan dan keluarga. Disdik juga mengajak para pemangku kepentingan dan satuan pendidikan untuk membuka jejaring kerjasama dengan orangtua dan masyarakat," harapnya.

Semetara, Ketua panitia kegiatan Ok Soni Atmajaya mengatakan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas pelaku pendidikan keluarga tentang pelibatan keluarga dalam penyelenggara pendidikan. Selain itu, meningatkan kapasitas pelaku pendidikan keluarga untuk mendorong satuan pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan.

Dilain itu juga untuk meningkatkan kapasitas pelaku pendidikan keluarga untuk memberi pendampingan dan pengawasan kepada satuan pendidikan terhadap implementasi pelibatan keluarga dalam penyelengaraan pendidikan.

"Diharapkan pelibatan keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan, kemudian mendorong satuan dalam mengimplementasikan secara berkesinambungan," kata Soni.

Soni menambahkan, kegiatan Bimtek ini diikuti 29 peserta dari 6 kabupaten/kota yakni Pekanbaru, Kampar, Siak, Kuansing, Bengkalis dan Inhil.**(mad)