• M Noer MBS

PEKANBARU -- gaungriau.com -- Terkait minimnya peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lolos Ujian Seleksi Kemampuan Dasar (SKD). Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tunggu arahan Pemerintah Pusat. Selasa 20 November 2018.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, HM Noer MBS mengatakan bahwa dari 7.374 peserta yang ikut test CPNS. Hanya sekitar 227 pelamar yang dinyatakan lulus passing grade. Sementara kuota untuk Pekanbaru sebanyak 304 yang disediakan.

"Dari jumlah total yang dinyatakan lulus passing grade ini, datanya juga sudah termonitor oleh pemerintah pusat. Jadi otomatis mereka juga tahu bahwa di Pekanbaru yang lulus passing grade, tidak sesuai kuota yang ada. Tentu proses selanjutnya yakni menunggu arahan pemerintah pusat," ujarnya.

Menurut M Noer, para peserta yang lulus passing grade jauh dari harapan Pemko Pekanbaru. Apalagi, jumlah kuota CPNS tahun 2018 ini, Pemko Pekanbaru yakni 304 kuota.

"Sesuai dengan ketentuan seleksi CPNS yang kami terima sebelumnya, untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya paling tidak diperlukan tiga kali lipat peserta dari kuota atau 912 peserta. Kalau begini kan kurang dari kuota," ungkapnya.

Sebagai informasi, dari 304 kuota penerimaan CPNS 2018 ini, diantaranya formasi tenaga pendidik atau guru, sebanyak 180 orang dan 90 orang untuk tenaga kesehatan. Sisanya, 30 orang lagi adalah untuk tenaga teknis dan empat orang lagi untuk honorer K2.

Sementara itu, hingga penutupan pendaftaran tercatat ada 9.411 pendaftar dan yang lulus administrasi sebanyak 7.374 dan dinyatakan lulus passing grade hanya sekitar 227 pelamar.**(saf)