• Firdaus MT

PEKANBARU -- gaungriau.com -- Walikota Pekanbaru, Firdaus mengaku jika draf Upah Minimum Kota (UMK) tahun 2019 sudah ditandatanganinya. Selanjutnya draf UMK tersebut akan diteruskan ke Gubenur Riau untuk disahkan. Selasa 20 November 2018.

"Sudah saya tandatangni kemarin. Saya berharap masing-masing perusahaan mentaatinya," ujarnya.

Firdaus juga mengintruksikan Disnaker agar melakukan pengawasan terkait pemberlakuan besaran upah ini kepada para karyawan oleh pihak perusahaan.

"Kami Pemerintah Kota Pekanbaru termasuk didalamnya Disnaker betugas seperti wasit, jadi melakukan monitoring dan pemantauan. Kalau ada pengusaha yang tidak menjalankan pemberian upah sesuai dengan UMK maka akan ditindak sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ungkapnya.

Firdaus menambahkan, jika ada pengusaha yang tidak menjalankan rekomendasi terkait pengupahan tersebut. Disnaker dapat melakukan teguran dan sanksi.

"Hal tersebut harus dilakukan supaya kesejahteraan karyawan dapat dicapai, dan keuntungan bagi perusahaan juga dapat diraih. Jadi kedua belah pihak ini harus bersatu untuk kemajuan bersama," tutupnya.**(saf)