• Gedung SMP Madani Salah Satu Ikon Kota Pekanbaru

PEKANBARU--gaungriau.com--SMP Madani Pekanbaru merupakan Sekolah Gratis yang dibiayai Pemerintah Kota Pekanbaru yang mencetak lulusan Hafiz Al-Quran.

SMP Madani menjadi salah satu Ikon Kota Pekanbaru ini berada di Jalan Kasah, Tangerang, Kecamatan Marpoyan Damai merupakan Pilot Project Pemerintah Kota Pekanbaru yang seluruh biaya ditanggung pemerintah.

Tak tanggung-tanggung, SMP Madani mencetak lulusan Hafiz Qur'an, Berakhlak dan Berprestasi. Proses seleksi dilakukan secara ketat dan profesional, karena setiap tahun SMP Madani hanya menerima 50 siswa.


"Kita SMP Madani ini merupakan Sekolah Pilot Project Pemko Pekanbaru dengan mencetak lulusan Hafiz Quran," ungkap Edi Suhendri, S.Pd, M.Pd kepada wartawan, Jum'at 23 November 2018 di sela Peringatan Maulid Nabi Muhammad 1440 Hijryah di Gedung SMP Madani Pekanbaru

Edi menerangkan, Sekolah SMP Madani menjadi salah Ikon Kota Pekanbaru., seluruh biaya ditanggung Pemerintah Kota Pekanbaru dengan penerimaan 50 siswa per tahun dengan rincian 25 siswa laki-laki dan 25 orang siswa perempuan.


"Jadi, seleksi dilakukan secara profesional oleh konsultan dengan seleksi 4 orang per kecamatan. Dengan syarat calon siswa harus hafal 1 Juz, nilai minimal 85. Kemudian, dilakukan es akademik, Al Qur'an 1 Juz dan tes wawancara," jelas Edi.

SMP Madani Pekanbaru ini mencetak lulusan Hafiz Al-Quran 15 Juz dan setelah selesai asrama. SMP Madani Pekanbaru memiliki rencana SMP Madani akan mencetak lulusan Hafiz Qur'an 30 juz.

"Sesuai dengan Visi SMP Madani untuk menjadikan Peserta didik lulusan SMP Madani berkhlak mulia, berprestasi dan Hafiz Al-Quran," terang Edi.

SMP Madani Pekanbaru sudah menjadi salah satu Ikon Kota Pekanbaru sudah memasuki tahun ketiga tahun 2018 ini dengan total Siswa sebanyak 131 siswa.


Tidak hanya menjadi Ikon Kota Pekanbaru, SMP Madani menjadi Pilot Project yang banyak sekolah yang ada di Indonesia melakukanStudi Banding ke SMP Madani dari dalam Sumatera dan Jawa.


"Sudah ada 4 kabupaten kota di Indonesia baik dari pulau Sumatera dan Pulau Jawa, mereka melakukan studi banding ke Sekolah ini," jelas Edi.


Dijelaskannya, untuk melengkapi fasilitas, saat ini SMP Madani membangun Asrama yang pengerjaan ditargetkan tuntas akhir tahun 2018 ini. Sehingga, 2019 sudah bisa dimanfaatkan.

"Dan rencananya jika sudah ada asrama, maka target lulusan SMP Madani hafal 30 juz," ujar Edi.


Siswa SMP Madani sudah teruji memiliki prestasi sebagai Hafiz Qur'an. Edi menyebutkan, hal tersebut terbukti dengan torehan berbagai prestasi dalam perlombaan Hafiz Al Quran.


"Terakhir, 8 Perwakilan Siswa SMP Madani mendapatkan Juara dalam Lomba Tahfiz Al Qur'an yang diadakan SMA Muhammadiyah Pekanbaru. Dari 8 orang perwakilan SMP Madani semuanya mendapatkan juara," tandas Edi. ** (rud)