• Komplek Ruko Abinaya Residence

PEKANBARU--gaungriau.com--Pemecahan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) ruko 20 pintu Komplek Abinaya Residence yang sudah selesai dibangun berada di Jalan Bundo Kandung, Kelurahan Labuh Baru Barat, Kecamatan Payung Sekaki kembali diproses. Proses masih berjalan di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Pekanbaru.


Pasalnya, berkas-berkas administrasi yang sudah diserahkan Pemilik Ruko Komplek Abinaya Residence pada tahun 2016 lalu hilang di Dinas Tata Kota Pekanbaru.


Al hasil, pengurusan IMB terpaksa kembali diproses pada Dinas terkait yakni Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Pekanbaru. Pemilik Ruko Komplek Abinaya Residence sudah melengkapi semua persyaratan IMB yang baru.

Kabag Pengaduan Kebijakan dan Pelayanan DPMPTSP Quarte Rudianto menegaskan, Pemilik Komplek Ruko Abinaya Residence Pimpinan PT Asahan Jaya Bertuah Fitri Hariani memiliki niat baik menyelesaikan IMB tersebut dan sudah melengkapi semua persyaratan pemecahan IMB Ruko 20 pintu tersebut pada DPM-PTSP.


Dijelaskannya, berdasarkan hasil kunjungan di lapangan, Fitri Hariani melanjutkan pembangunan (take over) semua perumahan Abinaya Residence save plan Bangunan sudah memiliki IMB. Kemudian, Fitri ingin melanjutkan pembangunan ruko dan di ruko tersebut pernah memasukan pengurusan IMB pada tahun 2016. Namun, adanya perubahan Rencana Tata Ruang Wilayah atau apa sehingga progres IMB menjadi lama.


"Dan kemudian surat dan berkas-berkas mereka hilang di Dinas Tata Kota Pekanbaru. Kemudian, sekarang dalam pengurusan IMB di DPM-PTSP Kota Pekanbaru," ungkap Quarte kepada wartawan, Senin 26 November 2018.


Quarte menerangkan, untuk berkas-berkas kelengkapan administrasi pemecahan IMB Ruko 20 pintu Komplek Abinaya Residence tersebut sudah dimasukan kepada DPM-PTSP Kota Pekanbaru.


"Sekarang, kami mengimbau agar diurus dan mereka memiliki itikad baik mengurusnya. Dari TABG (Tim Ahli Bangunan Gedung) sudah terpenuhi semuanya," jelas Quarte.


Senada disampaikan Pemilik Ruko 20 Abinaya Residence Fitri Hariani. Fitri yang juga Pimpinan PT Asahan Jaya Bertuah menjelaskan, berkas pengurusan Pemecahan IMB Komplek Ruko tersebut sudah diurus 8 November 2016 di Dinas Tata. Kemudian, semua kekurangan sudah diperbaiki dan sudah dilengkapi. Namun, berkas-berkas hilang di Dinas Tata Kota.


"Dan pengurusan IMB dialihkan ke BPT. Dan sekarang semua syarat sudah dilengkapi dan IMB masih dalam progres di DPM-PTSP," terang Fitri.


Selaku pemilik usaha, Fitri berharap agar IMB segera dapat diselesaikan, karena semua persyaratan pengurusan sudah lengkap dan tidak ada masalah.


"Semua syarat berkas pengurusan sudah kita lengkapi dan masih dalam progres, tidak ada masalah. Kita harapkan agar IMB tersebut segera selesai," tandas Fitri.** (rud)