PEKANBARU -- gaungriau.com -- Surprise. Satu kata itu tiba-tiba menjadi milik Rektor Universitas Islam Riau. Betapa tidak. Begitu sampai di Gedung Rektorat UIR, Rabu 28 November 2018 pukul 1O.3O Wib, ia disambut kolega dan pegawai dalam suasana haru dan gembira di lantai II Gedung Rektorat UIR. Siang itu ia baru saja mendarat di Bandara SSQ II sepulang dari Jakarta.

Suasana itu berkait kelindan dengan usianya yang ke-55 tahun yang spontan dirayakan keluarga besar UIR. Termasuk istrinya Hj. Yusnidar. Yusnidar bersama ibu-ibu Dharma Wanita keluar dari lift lantai II gedung rektorat saat Rektor berpembawaan kalem itu sedang memotong kue dan nasi tumpeng ulang tahun.

''Kami datang dengan rombongan ibu-ibu DW. Ini kue khusus buat Pak Rektor,'' kata Yusnidar kepada suaminya. Suasana meriah diwarnai gelak tawa dan tepukan mereka yang hadir membuat ruangan jadi riuh.

Ketua Umum Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau Dr. Nurman juga ikut menikmati hari bahagia itu. Begitupun Wakil Rektor I Dr. Syafhendry, Wakil Rektor III Ir. Rosyadi, Ketua Harian YLPI Zulfikar dan fungsionaris YLPI lainnya. Dekan Fakultas Hukum Dr. Admiral, Dekan Fakultas Teknik Ir. Abdul Kudus Zaini, Kepala BAU&P Zakir Has, Kepala BAAK Akmar Effendi, Kepala BPPA Dr. Thamrin S, Kepala LDIK Dr. Zulhelmy, Prof. Dr. Yusri Munaf, Prof. Dr. Hj. Ellydar Chaidir dan lain-lain yang secara khusus datang memberi ucapan selamat.

Usai memotong kue, Rektor kemudian menyerahkan sepiring kepada Nurman. Lalu Yusri Munaf, Zulfikar, Syafhendry dan Rosyadi. Tak sampai di situ. Para karyawan meminta istrinya Yusnidar memotongkan kue untuk disuapin ke suaminya Syafrinaldi. ''Happy birtday to you, happy birtday, happy birtday tooo youuu,'' lagu selamat ulang tahun spontan dinyanyikan beberapa karyawan saat Yusnidar menyuapin suaminya.

''Kita semua berdoa untuk keselamatan dan kebahagian sahabat kita Bapak Prof. Dr. Syafrinaldi. Kita berharap beliau dapat terus berbuat yang terbaik untuk peningkatan dan pengembangan UIR. Juga YLPI. Selalu memperoleh rezeki yang berkah. Kami semua mencintai Pak Rektor, dan membanggakan Pak Rektor. Selamat ulang tahun Pak Rektor yang ke-55 tahun,'' kata Nurman mewakili Civitas Akademika UIR menyampaikan ellu-elluan di acara itu.

Syafrinaldi pun tak dapat menyembunyikan raut wajah bahagia. Kepada kolega dan pegawai yang telah memberi doa dengan suara terbata-bata, menyampaikan terima kasih. ''Terimakasih kepada pihak yang telah membuat acara surprise ulang tahun ini. Saya sangat terharu atas kejutaan ini,'' ucap Rektor didampingi istrinya.**(rls)