• Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Pekanbaru Eka Misdi Maldo Putra, SE ketika meninjau persiapan Lahan yang akan ditanam pohon gaharu oleh Menkumham RI bersama warga binaan

PEKANBARU--gaungriau. com--Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) RI Yasonna Laoly akan melakukan penanaman pohon gaharu bersama warga binaan Rutan Pekanbaru, Jalan Sialang Sialang Bungkuk Nomor 2, Sail, Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau pada bulan Desember 2018.

Kegiatan pembinaan warga binaan di sektor pertanian sudah dilakukan untuk berbagai komoditas pertanian. Sementara, Penanaman pohon gaharu merupakan penanaman perdana dilakukan MenkumHAM RI bersama warga binaan di Rutan Pekanbaru.


"Menkumham RI akan berkunjung ke Rutan Pekanbaru Desember bulan depan yang akan meninjau lahan pertanian sambil penanaman kayu gaharu bersama warga binaan," ungkap Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Pekanbaru Sialang Bungkuk Eka Misdi Maldo Putra, SE kepada wartawan, Kamis 29 November 2018 di sela peninjauan persiapan lahan penanaman pohon Rutan Pekanbaru.

Pemilihan tanaman pohon gaharu ditanam untuk pembinaan warga binaan Rutan Pekanbaru dikarenakan pohon Gaharu memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan dan memiliku nilai ekonomis yang tinggi.


"Karena, pohon gaharu memang memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan harganya mahal," terang Eka.


Kegiatan pembinaan warga binaan Rutan Pekanbaru bersama MenkumHAM RI ini dilakukan juga untuk menghilangkan image Rutan 505 (Pelarian massal warga binaan tahun 2017).

"Kegiatan ini untuk merubah image Rutan 505 selama ini (pelarian massal tahun lalu, red)," terang Eka.


Dalam kunjungannya ke Rutan Pekanbaru, MenkumHAM RI juga akan melakukan peresemian Mushalla, ruang tunggu dan taman Rutan Pekanbaru untuk melengkapi fasilitas pendukung bangunan untuk kenyamanan warga binaan dan pengunjung keluarga binaan Rutan Pekanbaru. **(rud)