PEKANBARU -- gaungriau.com -- Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru menargetkan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2019 berjalan sukses. Untuk itu,

beberapa tingkatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) baik swasta maupun negeri tengah melakukan persiapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Bahkan beberapa sekolah justru sudah lebih fokus pada persiapan pendalaman materi untuk pelaksanaan UNBK bagi peserta didiknya.

Kepala Sekolah SMP Negeri 20, Zamhuri, mengatakan, untuk sarana dalam pelaksanaan UNBK persiapannya sudah 90 persen, hanya saja sekarang itu bagaimana pendalaman materi anak-anak.

"Kita sudah siap, nantinya tinggal pelaksanaannya, sekarang bagaimana pendalaman materi anak-anak," ungkapnya, Kamis 29 November 2018.

Sama halnya dengan SMP N 20 Pekanbaru, MTs Darul Hikmah yang berada di Jalan Manyar Sakti, Simpang Baru Tampan Kota Pekanbaru, juga telah menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan.

Kepala SMPN 20 mengatakan, bahwa pihaknya saat ini lebih terfokus tentang pendalaman materi kepada siswa dengan mengadakan jam tambahan khusus untuk bimbingan belajar.

"Kita akan memberikan jam khusus untuk bimbingan belajar, menambah jam pelajaran dan mengurangi pelajaran-pelajaran yang bersifat tidak di utamakan, " katanya.

Sedangkan untuk simulasinya, akan dilaksanakann pada bulan Januari setelah pelaksanaan Ujian Semester. Walaupun simulasi diadakan pada bulan Januari. Namun, beberapa sekolah sudah mengajarkan dasar-dasar penggunaan komputer kepada siswa. Karena dalam kurikulum siswa sudah di bekali dengan mata pelajaran berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).**(saf)