• Kegiatan Pekan Raya Biologi tahun lalu

PEKANBARU -- gaungriau.com -- Panitia Pekan Raya Biologi (PBR) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau (FKIP Unri) terus mematangkan persiapan acara yang telah menjadi agenda rutin setiap tahunnya tersebut, berbeda dengan pelaksanaan pada tahun-tahun sebelumnya, untuk PRB 2019, panitia juga mengundang peserta dari Provinsi tetangga, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau.

Ketua koodinator Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unri, Dr. Hj. Evi Suryawati, MPd mendukung penuh semua kegiatan yang diadakan, khususnya dibidang pendidikan. Ia sampaikan bahwa olimpiade ini juga bertujuan untuk menciptakan generasi yang intelektual baik dalam skala daerah maupun nasional.

“Kami selalu inginkan inovasi tiap tahunnya dari mahasiswa Pendidikan Biologi, terutama dalam olimpiade yang rutin diadakan tiap tahun ini,” ujarnya.

Koordinator kesekretariatan acara Rahayu Srikandi menjelaskan, sejak dibuka pada 26 Oktober lalu peserta hampir mencapai angka 500 yang mendaftar dari 1800 yang ditargetkan. Stand pendaftaran yang berada di depan halaman gedung kuliah Pendidikan Biologi akan selalu melayani calon peserta yang akan mendaftar.

Dia menjelaskan bahwa peserta yang mendaftar tidak diharuskan langsung membayar uang pendaftaran. “Batas pembayaran untuk peserta minimal seminggu sebelum perlombaan, nanti mereka kami konfirmasi lagi,” ujarnya, Kamis 6 Desember 2018.

Dikatakan, bertajuk ”Ciptakan Intelektual Muda yang Kreatif dan Berjiwa Sains Menuju Generasi Indonesia Emas”, PRB 2019 memiliki serangkaian perlombaan, yaitu Uji Kompetensi Tertulis (UKT) SMP-SMA, Uji Kompetensi Laboratorium (UKL) SMP-SMA, Cepat-Tepat (CT) SMP-SMA, Lomba Melukis SMP-SMA, Mading 3D SMP-SMA, Bio Expo School Competition SMP-SMA, Lomba Fotografi SMA-Mahasiswa, Lomba Karya Tulis Remaja (LKTR) dan Poster Ilmiah SMA, serta Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional untuk tingkat mahasiswa.

Selain menyajikan serangkaian perlombaan, PRB 2019 juga mengadakan Seminar Nasional dengan tajuk “Tantangan dan Peluang Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 untuk Menuju Generasi Emas”.

"Rencananya Seminar ini akan menghadirkan Indra Charismiadji selaku Pakar Pengamat dan Praktisi Pendidikan dan Dr. Reni Suryanita, M.T, dosen Teknik Sipil Universitas Riau," ujar Dia.

Sementara koodinator Humas Informasi dan Dokumentasi PRB 2019 Aisyah menjelaskan, kalau
surat undangan ke sekolah-sekolah sudah selesai disebar, "kami juga aktif di sosial media untuk memberikan update dan informasi terbaru,” tutur Aisyah.

Selain itu berita PRB 2019 juga telah mengudara di beberapa Radio, panitia juga melakukan sosialisasi ke universitas lain seperti Universitas Lancang Kuning, Uin Suska Riau, Universitas Islam Riau, Universitas Abdurrab, Universitas Muhamadiyah Riau, dan Politeknik Caltex Riau (PCR).

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 26 Oktober 2018 sampai 14 Januari 2019. Sedang untuk jadwal perlombaan dimulai dari tanggal 21-26 Januari 2019. Technical meeting diadakan sehari sebelum pembukaan. Peserta dapat mendaftarakan diri secara langsung ataupun melalui telefon. Uang pendaftaran juga dapat dibayar langsung ataupun transfer melalui rekening.

"Untuk informasi lebih lanjut mengenai biaya pendaftaram, nomor rekening, serta mekanisme perlombaan, calon peserta dapat mengakses laman web PRB di https://pekanrayabiologi.wordpress.com/," pungkasnya.**(rls)