PEKANBARU -- gaungriau.com -- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Pusat menyelenggarakan Pembinaan Mahasiswa bagi Penerima Beasiswa Cendekia BAZNAS (BCB) untuk Regional Riau. Kegiatan yang berlangsung di Gedung Rektorat Universitas Islam Riau Perhentian Marpoyan Pekanbaru pada Ahad pagi 9 Desember 2018 itu dilaksanakan LDIK (Lembaga Dakwah Islam Kampus) UIR, dan dihadiri Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan Ir. H. Asrol, MEc.

Hadir juga perwakilan dari Lembaga Beasiswa BAZNAS Pusat (LBB) Suli Hendra, SHut, Psikolog LBB Nurman Susatyo, Psi, Ketua dan Sekretaris LDIK Dr. H. Zulhelmi dan Anton Afrizal Candra, M.Si, serta Rosyidah dan Ririn Fajriani dari UIN Suska Riau.

Menurut Suli Hendra, kegiatan ini merupakan roadshow BAZNAS Pusat ke seluruh penerima beasiswa Cendekia. Termasuk mahasiswa di Provinsi Riau. Dan, di Riau pihaknya mempercayakan kepada Universitas Islam Riau sebagai tuan rumah penyelenggaraan.

Ia menyebut, penerima beasiswa Cendekia ada di 89 perguruan tinggi negeri dan swasta. Untuk minggu kedua Desember yang bertepatan dengan Ahad 9 Desember 2018, kami diamanahkan berkunjung ke perguruan tinggi regional Riau yaitu yakni Universitas Islam Riau, Universitas Riau dan UIN Suska Riau.

Dalam roadshow bertajuk, 'Melukis Masa Ddepan' itu, BAZNAS Pusat membina BCB sebanyak tujuh mahasiswa di masing-masing perguruan tinggi atau 21 mahasiswa untuk tiga universitas. Materi pembinaan meliputi tentang kebaznasan, profil LBB, penguatan pengetahuan tentang zakat serta motivasi kemampuan mahasiswa dalam meningkatkan kapasitas diri dan keberhasilannya menyelesaikan perkuliahan.

Wakil Rektor II UIR Asrol menyambut baik kegiatan ini. Kandidat doktor dari Malaysia ini menyampaikan terima kasih kepada LBB BAZNAS Pusat yang telah mempercayai UIR sebagai tuan rumah pelaksanaan pembinaan BCB Regional Riau dan telah pula memberi beasiswa kepada 7 mahasiswa UIR melalui seleksi dari LBB.

Hal senada juga disampaikan LDIK. Lembaga dakwah yang diamanahkan Rektor UIR memfasilitasi kegiatan pembinaan ini pun mengapresiasi setinggi-tingginya kepada LBB Baznas Pusat dan Pimpinan Universitas.

''Beasiswa ini berawal dari keprihatinan kita bahwa banyak mahasiswa yang tidak dapat melanjutkan pendidikan. Alias putus kuliah di tengah jalan karena masalah pembiayaan. Disinilah peran penting BAZNAS. Kita berharap melalui pembinaan ini adik-adik mahasiswa penerima BCB dapat meningkatkan prestasi dan kapasitas pribadi mereka menyelesaikan studi di kampus tercinta ini,'' kata Sekretaris LDIK Afrizal Anton Candra, MSi.**(rls)