TELUKKUANTAN -- gaungriau.com -- Setelah beberapa tahun tidak mengudara lantaran tidak ada izin dari Komisi Penyiaran Indonesia, Radio Pemerintah Daerah (RPD) Kuansing FM bakal hidup dan mengudara kembali.

Selama ini Radio yang sudah mengudara selama puluhan tahun tersebut, ternyata tidak mengantongi izin dari Komisi Penyiaran Indonesia KPI . Hal ini disebabkan keberadaannya tidak didukung oleh peraturan daerah.

Berkaitan dengan hal tersebut, pemerintah telah mengajukan ranpedanya agar dapat disahkan oleh DPRD. Saat ini Raperda tersebut sudah masuk pada tahap sidang paripurna dewan dalam agenda jawaban pemerintah.

Bupati Kuansing Drs H Mursidi usai memberikan jawaban pemerintah pada sidang paripurna DPRD langsing Senen 17 Desember 2018 di Teluk Kuantan mengatakan, meskipun saat ini telah memasuki kemajuan tekhnologi bidang elektronik seperti internet dan lain lain, namun keberadaan radio masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat Kuantan Singingi .

"RPD merupakan sarana masyarakat untuk mendapatkan informasi pembangunan,"ujarnya.

"Keberadaan RPD masih relevan dengan kondisi masyarakat kita. Semua masyarakat berharap, RPD bisa mengudara lagi," Sambungnya

Dijelaskannya, untuk mengudara, RPD butuh izin. Salah satu syarat untuk mendapatkan izin dari Kementerian Komunikasi dan Informasi RI adalah Perda Layanan Informasi Publik. Jelasnya

"Nah, ini proses yang sedang dilalui. Mudah-mudahan, jika Perda cepat selesai, cepat pula kita mendapatkan izin dari pusat," ujar Mursini.**(am)