BENGKALIS -- gaungriau.com -- Jelang akhir tahun 2018, Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Bengkalis dikunjungi ratusan pengunjung, Senin 31 Desember 2018.

Pantauan dilapangan sekitar pukul 13. 40 WIB ratusan pengunjung memadati tempat duduk ruang tunggu yang telah tersedia di depan Kantor Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A kabupaten Bengkalis. Mereka berasal dari berbagai desa guna membesuk kerabat keluarga yang berada di tahanan Lapas II A Bengkalis.

Aida (35) warga Bengkalis menyebutkan kedatangan dirinya ke Lapas II A Bengkalis ini untuk membesuk keluarganya yang ditahan di Lapas II A Bengkalis dilayanin sesuai dengan prosedur yang tidak rumit bahkan tanpa dipungut biaya.

"Begitu sampai disini, saya dimintai identitas kartu tanda penduduk (KTP) setelah itu ikut nomor antrian yang telah disiapkan oleh petugas," ungkap Aida.

Disela sela ratusan pengunjung. Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas )II A Bengkalis Maizar yang pada saat itu langsung sidak ke pengunjung langsung menanyakan ke salah satu warga terkait prosedur yang dilaksanakan tanpa dipungut biaya.

"Ibu ingin membesuk siapa dan ada petugas kami meminta uang atau pungutan liar (pungli). Tidak ada pak," riak sejumlah warga seraya mengatakan kepada Maizar.

"Jika ada. Sampaikan ke saya. Biar saya pecat," timpa Maizar lagi.

Dikatakan Maizar memang jelang akhir tahun 2018 untuk pengunjung mengalamin peningkatan sejak pada hari raya Natal kemarin. Bahkan jelang penutupan tahun ini juga mengalami peningkatan seperti pada hari ini ratusan pengunjung yang telah menunggu antrian ditempat yang telah disediakan Lapas II A Bengkalis.

"Hari ini, bagi pengunjung melihat saudara di Lapas II A Bengkalis terakhir sekitar pukul 14.30 Wib. Karena besok sudah libur," jelas Maizar.**(man)